RoRo Rute Batam ke Riau Akan Dibuka November


Selasa,29 Oktober 2019 - 15:35:39 WIB
RoRo Rute Batam ke Riau Akan Dibuka November sumber foto riaubisnis.id

Rute kapal Roro (roll on roll off) dari Batam menuju Riau direncanakan akan kembali di buka, November. Hal ini disampaikan Manager Usaha PT ASDP Cabang Batam, Firdaus. Ia mengatakan bahwa pengajuan rute ini sedang dalam proses untuk penetapan lintasan dan tarif.

Dilansir berita laman batampos.co.id, “dari informasi yang kami terima, November ini. Izin rute ini dikeluarkan oleh Kemenhub,” katanya, Senin (27/10).

Ia mengatakan rute yang dibuka tidak sama seperti sebelumnya. Rute yang baru ini menuju ke Pakning, Bengkalis, Riau.

“Pelabuhannya tak jauh dari pelabuhan yang lama. Pelabuhan Mengkapan itu kan rubuh, jadi untuk perbaikan memakan waktu cukup lama. Makanya kemarin ada opsi dipindahkan,” ucapnya.

Keluhan atas ditutupnya sementara waktu rute Batam menuju Riau ini, tidak hanya disampaikan oleh para pengusaha angkutan. Tapi juga dari pihak Kabupaten Karimun.

Firdaus mengatakan dari surat dilayangkan Bupati Karimun ke Kemenhub yang ditembuskan ke ASDP, menyebutkan penutupan rute ini menyebabkan beberapa barang pokok langka di wilayah Karimun.

“Kami juga memiliki rute Karimun ke Mengkapan dulunya. Namun karena pelabuhan tidak bisa beroperasi, makanya rute ini juga ikut ditutup sementara waktu,” katanya.

Selain Bupati Karimun. Firdaus mengakui bahwa Gubernur Riau juga telah bersurat ke Kemenhub, menanyakan perihal rute dari Riau ke Kepri.

Terkait kesiapan kapal, Firdaus mengatakan bahwa kapal Roro milik ASDP akan selalu siap, apabila rute Batam ke Riau kembali aktif. “Sudah ready semua. Kalau ke Pakning tidak bisa, ke Dumai kami juga siap untuk melayaninya,” ucapnya.

Saat ini, PT ASDP cabang Batam hanya memiliki satu rute aktif ke Sumatera, Telagapunggur ke Kualatungkal, Jambi.”Sebelumnya dua, ke Mengkapan. Tapi karena dermaga buton rubuh, makanya tinggal satu,” ungkapnya.

Firdaus berharap November realisasi pembukaan rute tersebut dilaksanakan.

“Semoga saja, karena selalu ditanyakan sopir angkutan, beberapa pengusaha menanyakan kapan pembukaan rute ini dibuka,” pungkasnya. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]