Ini 5 Trik Makan yang Ampuh Membakar Kalori


Selasa,26 November 2019 - 15:28:59 WIB
Ini 5 Trik Makan yang Ampuh Membakar Kalori sumber foto detik.com

Sering kali orang mengalami kegagalan saat diet untuk menurunkan berat badan. Supaya tak gagal lagi, kamu bisa ikuti beberapa trik diet dari ahli gizi ini. Memiliki tubuh yang ideal merupakan keinginan banyak orang. Dengan tubuh yang langsing dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka. Sehingga banyak orang yang melakukan diet agar beran badannya dapat turun.

Dikutip dari laman detik.com, sayangnya saat melakukan diet tersebut seringkali gagal karena pola makan yang salah. Ternyata melakukan diet juga ada triknya. Trik diet ini dapat berfungsi untuk membakar jumlah kalori yang ada dalam tubuh. Trik diet bisa dilakukan dengan mengatur pola makan yang benar. Berikut 5 trik diet yang ampuh membakar kalori tubuh.

1. Teh dan Kopi untuk Membakar Kalori

Kalori yang berlebih adalah masalah setiap orang yang memiliki berat badan berlebih. Trik diet untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh, kamu bisa memilih minuman seperti teh dan kopi. Dengan minum satu cangkir teh dan dalam satu jam kamu bisa membakar kalori hingga 10%. Hal ini juga telah dibuktikan dalam sebuah penelitian.

Dalam penelitian tersebut minum teh tiga kali sehari dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar dalam periode 24 jam. Misalnya kalori dalam tubuh sebanyak 2.280 menjadi 2.360. Efeknya, setiap cangkir teh menyapu sekitar 25 kalori. Namun, para peneliti menyarankan untuk tidak mencampurkan susu ke dalam teh.

Para peneliti menemukan bahwa kandungan susu dapat sepenuhnya mencegah aktivitas biologis pada teh. Selain teh, kopi juga bisa membakar kalori tubuh. Peneliti menyarankan untuk minum dua gelas dan selama beberapa jam berikutnya laju metobolisme dapat naik sekitar 10%. Rata-rata setiap cangkir kopi membakar hingga 17 kalori ekstra. Terutama kopi hitam yang hanya memiliki 2 kalori setiap cangkirnya.

2. Makan Tomat Sebelum Makan

Sebelum makan juga ada trik dietnya, yaitu dengan memakan tomat setiap kali sebelum makan. Tomat merupakan sayur yang dipercaya dapat menurunkan berat badan dengan sifat anti-inflamasi di dalamnya. Jika kamu makan sekitar seperempat cangkir pasta tomat dalam sehari, maka kamu akan mendapatkan peningkatan fungsi arteri dalam waktu 15 hari berikutnya.

Efek tersebut dikaitkan dengan efek anti-inflamasi dan antioksidan yang ada pada tomat. Trik diet ini sudah sering terbukti, itu karena sifat anti-inflamasi pada tomat membuat ekstrak tomat dapat dijadikan sebagai pengganti aspirin yang berperan untuk pengencer darah. Para peneliti juga menyarankan untuk wanita makan tomat matang yang berukuran besar sebelum makan siang setiap hari selama satu bulan.

Melakukan trik diet dengan memakan tomat ini akan membuat berat badan seseorang turun hingga 1 kilogram. Peneliti juga menjelaskan bahwa dalam buah tomat terdapat 95% air. Dengan mengonsumsi tomat hanya memberikan kalori sebanyak 15 kalori sebelum makan.

3. Rutin Makan Kacang

Rutin makan kacang merupakan trik diet yang paling ampuh. Selain bisa menurunkan berat badan kacang juga dapat memperlambat proses penuaan. Seorang ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan sebanyak 1 ons setiap hari atau setara dengan satu genggaman tangan. Porsi makan kacang tersebut dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes dan infeksi.

Makan kacang menjadi trik diet karena kacang sendiri dapat mengenyangkan perut lebih lama. Untuk mengonsumsi kacang, ahli gizi juga menyarankan untuk memilih kacang almond di pagi hari. Kemudian untuk waktu siang dan malam hari pastikan untuk makan kacang dalam porsi yang lebih sedikit dibandingkan waktu pagi hari.

Trik diet ini juga telah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa mengonsumsi kacang dapat membuat kalori sebanyak 30.000 lenyap dengan mudah. Pada penelitian itu, para peneliti melakukan percobaan dengan menambahkan porsi almond, pistachio, walnut ke dalam diet harian selama berbulan-bulan.

4. Makan Kentang Rebus

Kentang mengandung karbohidrat untuk kebutuhan tubuh. Karenanya banyak yang menjadikan kentang sebagai pengganti nasi, karena kandungan karbohidrat di dalamnya tidak sebanyak yang ada pada nasi. Namun, dalam penyajian kentang juga perlu diperhatikan. Kentang yang dimasak dengan cara digoreng akan justru bisa menambah kalori sehingga berat badan menjadi naik.

Trik diet ini dilakukan dengan mengonsumsi kentang yang dimasak dengan cara direbus. Mengonsumsi kentang rebusan terbukti dapat menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian di mana banyak makanan yang diuji dan ditemukan bahwa kentang rebus adalah makanan yang memiliki sedikit kandungan kalori.

Selain itu, makan kentang juga dipercaya bisa menurunkan jumlah kalori dalam tubuh. Pada penelitian itu juga menemukan bahwa kentang rebus mampu memotong sebanyak 200 kalori dari makanan. Trik diet ini sudah bayak dilakukan banyak orang karena penyajiannya yang mudah.

5. Jangan Mengonsumsi Bubur untuk Sarapan

Bubur merupakan makanan yang dipilih sebagai menu sarapan karena dapat mengenyangkan perut. Namun, sayangnya bubur justru dapat memberikan kalori yang negatif untuk tubuh. Trik diet ini perlu diperhatikan agar diet dapat berjalan dengan lancar. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Columbia University.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti membagi peserta ke dalam 3 kelompok sarapan, yaitu kelompok sarapan bubur, sarapan sereal dan sarapan hanya air putih. Para peserta penelitian tersebut kemudian mengukur berapa banyak kalori yang dikonsumsi saat makan siang. Peserta dari kelompok sarapan bubur mengatakan bahwa mereka merasa lebih kenyang.

Sehingga mereka hanya makan sedikit kalori saat makan siang. Dalam hal ini peneliti mengatakan bahwa tubuh sudah terisi dengan banyak kalori dari bubur yang telah dimakan waktu sarapan. Dari situlah para peneliti mengatakan bahwa bubur memberikan kalori negatif. Berbeda dengan kelompok sarapan dengan sereal dan air putih yang hanya hanya mengasup sedikit kalori dari menu makannya tersebut. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]