Saksikan Hujan Meteor Geminid Jum'at Malam


Rabu,11 Desember 2019 - 13:32:13 WIB
Saksikan Hujan Meteor Geminid Jum'at Malam sumber foto bisnis.com

Hujan meteor Geminid akan mewarnai langit malam pekan ini. Hujan meteor Geminid akan mencapai puncaknya pada Jumat malam, 13 Desember dan Sabtu pagi, 14 Desember 2019.

Dikutip dari laman bisnis.com, hujan meteor Geminid merupakan hujan meteor produktif yang disebabkan oleh objek 3200 Phaethon, yang diduga menjadi asteroid Palladian dengan batu komet orbit. Hujan meteor itu menjadi festival tahunan bintang-bintang dengan tembakan yang diandalkan, mencolok dan selalu menyenangkan.

Untuk menyaksikan garis-garis warna-warni Geminid, lokasi yang terbaik adalah ada di belaham Bumi bagian utara. Namun, orang-orang di ujung selatan Bumi juga kemungkinan masih bisa melihat beberapa meteor Geminid yang cerah dan mengesankan langit.

Jika ingin menyaksikan pemandangan hujan meteor Geminid, cobalah untuk menemukan tempat dengan polusi cahaya rendah dan menghindari melawan terang Bulan. Selain itu berikan waktu bagi mata untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang gelap, serta pastikan agar nyaman untuk mengawasi seluruh langit. 

Masih ada beberapa perdebatan tentang apakah 3200 Phaethon adalah asteroid atau komet yang punah, tapi itu membawa pertunjukan cahaya ke Bumi. Performa tahun ini mungkin tidak sespektakuler beberapa tahun lalu karena bersaing dengan bulan purnama.

Cahaya Bulan akan menenggelamkan beberapa jalur meteor yang lebih redup. Menurut American Meteor Society, meteor akan terlihat 60 atau lebih Geminid per jam. Seseorang mungkin masih bisa melihat 20 meteor per jam.

Waktu terbaik untuk menyaksikannya adalah setelah tengah malam, sehingga disarankan untuk tidur sebentar untuk melihatnya dengan baik. Cari posisi yang layak, karena Geminid diketahui muncul secara sembarangan, sehingga mungkin ada saat-saat tenang diselingi dengan periode yang lebih aktif.

Jika langit mendung atau suhu dingin yang merusak momen Geminid, maka Anda bisa mengikuti aksi bola api itu secara online. American Meteor Society telah mengundang penggemar ruang angkasa untuk melihat melalui akun Facebook dan Twitter-nya untuk perincian tentang siaran langsung dari jaringan Kamera AllSky6. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]