Daftar Maskapai yang Gratiskan Reschedule Penerbangan Imbas Macet di Bandara Soetta


Selasa,10 November 2020 - 16:25:20 WIB
Daftar Maskapai yang Gratiskan Reschedule Penerbangan Imbas Macet di Bandara Soetta Sumber foto liputan6.com

Ribuan massa simpatisan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab memadati kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng pada Selasa (10/11/2020). Massa tersebut sudah berada di kawasan bandara sejak Senin 9 November malam.

Dilansir dari laman liputan6.com, Rizieq Shihab tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, pukul 08.37 WIB. Pimpinan FPI dan rombongannya itu tiba di Tanah Air dengan menumpang pesawat Saudi Arabia Airlines SV816, rute Jeddah-Jakarta.

Penyambutan yang dilakukan massa untuk pemimpinnya itu menimbulkan kemacetan di jalur menuju Bandara Soekarno-Hatta. Imbasnya, banyak calon penumpang yang melewatkan jam terbangnya gara-gara tidak tiba tepat waktu.

Untuk itu, beberapa maskapai memberikan kompensasi berupa penggratisan biaya reschedule bahkan refund bagi calon penumpang yang gagal terbang pada jam tersebut karena telah datang ke bandara. Berikut Liputan6.com rangkum daftarnya:

1. Garuda Indonesia

Maskapai pelat merah Garuda Indonesia membebaskan biaya penyesuaian jadwal penerbangan maupun refund tiket bagi penumpang yang terdampak kondisi kemacetan akses menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Bagi Anda yang memiliki penerbangan bersama kami dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pada Selasa, 10 November 2020, kami mengerti kekhawatiran Anda. Bagi para penumpang yang masih harus melanjutkan perjalanannya, Garuda Indonesia juga mempersiapkan opsi pengalihan jadwal keberangkatan ke penerbangan selanjutnya," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

2. Citilink

Direktur Utama Citilink Juliandra mengatakan, Citilink berkomitmen dalam mengutamakan kenyamanan dan keamanan penumpang dengan memberikan solusi yang beragam bagi penumpang yang terdampak atas kemacetan menuju bandara.

"Penerapan pembebasan biaya reschedule maupun refund tiket ini tentunya tetap mengacu ada ketentuan yang berlaku," ujar Juliandra dalam keterangannya. Penumpang yang terdampak atas penyesuaian jadwal penerbangan ini dapat langsung menghubungi call center Citilink di 0804 1 080808 atau live chat di www.citilink.co.id untuk mendapatkan reschedule dan refund gratis.

3. Sriwijaya Air

Sriwijaya Air menggratiskan biaya reschedule atau penjadwalan ulang penerbangan konsumen yang berubah imbas kemacetan parah di jalur menuju Bandara International Soekarno-Hatta, Cengkareng.

"Sriwijaya Air Group memahami betul kondisi sulit yang dirasakan oleh para pelanggan setia yang terdampak kemacetan di kawasan Bandara Soekarno Hatta, sehingga kami pun memberikan fasilitas rebook atau reschedule secara gratis kepada penumpang yang penerbangannya terdampak pada tanggal 10 November 2020 ini," ujar Direktur Niaga Sriwijaya Air Group Henoch Rudi Iwanudin dalam keterangan yang diterima Liputan6.com.

Airport Station Manager Sriwijaya Air Group di Bandara Soekarno-Hatta Taufik Sabar menyebutkan terdapat beberapa penerbangan Sriwijaya Air dan NAM Air yang terpaksa mengalami keterlambatan.

Penerbangan yang terdampak meliputi penerbangan SJ 184 rute Jakarta-Pontianak, SJ penerbangan 160 rute Jakarta - Balikpapan, penerbangan IN 180 rute Jakarta - Pontianak, penerbangan SJ 072 rute Jakarta - Pangkalpinang, penerbangan IN 056 rute Jakarta - Tanjung Pandan, penerbangan SJ 182 rute Jakarta - Pontianak, penerbangan SJ 054 rute Jakarta - Tanjungpandan, SJ 024 rute Jakarta - Padang dan penerbangan IN 170 rute Jakarta - Semarang.

"Untuk lamanya durasi keterlambatan pun bervariasi antara 1 sampai 3 jam. Melihat kondisi saat ini (Selasa pagi) ada beberapa flight lainnya yang tampaknya akan terkena imbas juga dari kemacetan parah di kawasan Bandara International Soekarno-Hatta sampai siang hari ini," kata Taufik.

4. AirAsia

Maskapai AirAsia menawarkan pilihan kompensasi bagi tamu yang tidak dapat tiba di bandara tepat waktu untuk penerbangan dengan keberangkatan dari  Jakarta. Kebijakan ini diambil guna mengakomodir pelanggan yang terjebak kepadatan lalu lintas pada akses menuju Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Tamu dapat memilih salah satu dari 2 pilihan kompensasi yaitu ubah jadwal dan akun kredit.

"Pindahkan penerbangan ke tanggal lainnya sebelum 31 Desember 2020 pada rute yang sama hingga 48 jam sebelum waktu keberangkatan, dapat dilakukan berkali-kali tanpa biaya tambahan, dan tergantung pada ketersediaan kursi," demikian dikutip dari keterangan resmi AirAsia.

Untuk mengubah jadwal penerbangan, AirAsia mengimbau untuk langsung mengunjungi link http://tinyurl.com/vl9mayx dengan jadwal penerbangan baru (tanggal dan waktu) dan berbicara dengan AVA. Untuk akun kredit, calon penumpang bisa mendapatkan saldo akun kredit senilai pembelian tiket sebelumnya, berlakuhingga 730 hari atau 2 tahun sejak diterbitkan untuk pembelian tiket berikutnya.

Saldo dapat digunakan untuk pemesanan penerbangan dengan jadwal melebihi masa berlaku selama jadwal penerbangan yang diinginkan telah tersedia. "Akun kredit lebih cepat didapatkan dan lebih mudah digunakan untuk pemesanan tiket berikutnya. Jika diperlukan, Anda dapat menggabungkan saldo akun kredit dengan metode pembayaran lainnya," lanjutnya.

Untuk mendapatkan Akun Kredit, Anda dapat berbicara dengan AVA melalui https://air.asia/CA dan silakan ikuti arahan selanjutnya. Informasi pengajuan kompensasi di atas hanya berlaku untuk pelanggan yang melakukan pemesanan melalui airasia.com atau aplikasi AirAsia.

5 Lion Group

Dalam keterangan tertulisnya, Lion Air Group menyatakan sangat memahami atas situasi dan kondisi yang terjadi pagi ini di Bandara SOetta, sehingga memberikan solusi terbaik kepada penumpang.

"Lion Air Group memberikan kebijakan kepada penumpang berupa pembebasan biaya untuk perubahan jadwal keberangkatan (rescheduele)," ucap Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, Selasa (10/11/2020).

Danang menambahkan, Lion Air Group terus memantau perkembangan, bekerjasama serta koordinasi secara internal dan pihak terkait lainnya dalam upaya memberikan pelayanan terbaik, sehingga operasional penerbangan dapat berjalan sesuai aspek keselamatan, keamanan dan sebagaimana pedoman protokol kesehatan. "Lion Air Group akan meminimalisir dampak yang timbul, agar penerbangan Lion Air Group lainnya tidak terganggu," pungkasnya. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]