10 Cara Mengatasi Nyeri Pundak, Bikin Nyaman Lagi


Rabu,02 Desember 2020 - 10:30:25 WIB
10 Cara Mengatasi Nyeri Pundak, Bikin Nyaman Lagi Sumber foto liputan6.com

Masalah nyeri pundak atau bahu memang paling sering menjadi keluhan kebanyakan orang. Hal ini membuat cara mengatasi nyeri pundak patut diketahui untuk meringankan dan bikin nyaman lagi. Cara ini hanya mengandalkan perawatan sederhana yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah.

Dilansir dari laman liputan6.com, umumnya nyeri pundak disebabkan cedera, peradangan karena sering digerakkan, dan radang sendi. Maka dari itu, cara mengatasi nyeri pundak turut serta meringankan penyebabnya. Mengandalkan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan seperti es batu, jahe, kunyit, dll. Lalu pemijatan, peregangan, dan meditasi.

Setelah mempraktikkan cara mengatasi nyeri pundak, perhatikan betul perkembangannya. Jika masih merasakan nyeri serupa, jangan dibiarkan begitu saja. Nyeri pundak atau bahu memang termasuk masalah umum dan bisa sembuh dengan perawatan sederhana. Namun ketika perawatan sudah dilakukan tetapi tidak kunjung mendapat kesembuhan, itu tandanya ada kondisi serius yang memerlukan penanganan medis.Berikut Liputan6.com ulas cara mengatasi nyeri pundak dari berbagai sumber, Rabu (2/12/2020).

Cara Mengatasi Nyeri Pundak

Kompres Dingin

Kompres dingin bisa diterapkan untuk mengatasi nyeri pundak. Efeknya dapat mengecilkan pembengkakan, meredakan cedera, dan luka pada otot. Kompres air dingin yang dimaksud, membalut es batu. Hindari mengompresnya tanpa membalut. Aplikasikan selama 15 sampai 20 menit pada bagian nyeri. Saat mengompres beri jeda setiap ingin mengulangi.

Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang berkhasiat meredakan nyeri pegal linu. Tak heran jika jahe cocok akan mengatasi pembengkakan yang terjadi dan mempercepat penyembuhan nyeri karena pegal. Untuk bisa merasakan manfaatnya mengatasi nyeri pundak, konsumsi saja jahe segar, teh jahe, atau kompresan jahe. Bahkan segelas seduhan jahe hangat bisa menetralkan tubuh dari racun. Menghangatkan dan merilekskan tubuh secara alami.

Garam Epsom

Garam epsom untuk berendam air hangat bisa membantu mengatasi nyeri pundak dan membuatnya nyaman lagi. Garam epsom akan terurai menjadi magnesium dan sulfat. Senyawanya akan menjaga kesehatan otot secara alami. Termasuk, mengendurkan otot tegang, pegal linu, dan sendi kaku karena langsung menyerap kulit. Garam ini pun bisa membuat tubuh tetap terhidrasi. Air ini akan bergerak ke seluruh sistem dalam tubuh.

Sehingga penggunaannya akan memudahkan meredakan peradangan, membuang racun, dan menyuplai nutrisi otot. Perhatikan juga warna urin untuk mengetahui kecukupan asupan air putih.

Biji Chia

Biji chia bisa membuat tubuh lebih fit dan berenergi. Secara tidak langsung, mengonsumsinya akan membuat tubuh lebih bisa mengatasi pegal linu sendiri, seperti saat nyeri pundak terjadi. Hal ini karena biji chia memiliki rasio tepat protein, lemak, dan serat untuk mendongkrak energi tubuh.

Biji chia mampu menyerap air hingga 10 kali beratnya. Kelebihan ini tentu akan membantu tubuh mencukupi dan mempertahankan kandungan cairan, yang sangat berpengaruh terhadap stamina tubuh.

Pijat

Pemijatan adalah bisa mengatasi nyeri pundak yang sudah kerap dipraktikkan. Sayangnya ada beberapa orang yang salah mempraktikkan dengan memijat seluruh tubuh. Padahal upaya yang benar, cukup pada bagian nyeri pegal linu.

Salah satu bagian tubuh yang tidak boleh dipijat, yakni tulang belakang. Bagian ini dimulai dari leher hingga tulang ekor. Memijat bagian yang tidak seharusnya justru berbahaya. Bisa menyebabkan pergeseran tulang hingga saraf terjepit.

Selain pemijatan, lakukan juga peregangan sebagai pengobatan alami. Prinsipnya, semakin lentur otot, maka semakin kecil kemungkinan otot menjadi kaku. Peregangan merupakan kegiatan yang mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa alami yang disebut curcumin. Senyawa ini bisa diandalkan untuk mengatasi nyeri pundak karena pegal. Hal ini disebabkan karena curcumin efektif mengatasi peradangan. Curcumi akan berfungsi menurunkan kadar dua enzim dalam tubuh yang menyebabkan peradangan.

Kunyit juga memiliki khasiat antiinflamasi dan membantu memperbaiki sirkulasi darah serta mencegah pembekuan darah. Ini membantu meringankan rasa sakit pada keseleo, memar, pegal linu, dan radang sendi.

Meditasi

Yoga dan meditasi bisa dijadikan solusi mengatasi nyeri pundak karena pegal. Kedua olahraga ini membuat otot lebih lentur dan terhindar dari cedera. Gerakan-gerakan inilah yang akan memperkuat otot.

Bisa dengan rutin melakukannya seminggu sekali. Tujuannya agar otot terus terlatih dan terhindar cedera. Bergerak akan membuat rangka otot bersirkulasi dengan baik. Hingga masalah nyeri pundak bisa dicegah dan terhindarkan.

Oleskan Balsem

Aktivitas terlalu banyak dan olahraga berlebihan dan postur tubuh yang salah akan berbahaya. Dapat menyebabkan luka kecil pada serabut otot serta jaringan ikatnya. Sehingga, akan membuat pegal linu sampai pada pundak.

Sensasi panas yang ditimbulkan akan membuat otot nyaman dan nyeri hilang. Berbeda dengan kondisi pegal/nyeri otot kronis, lebih baik gunakan gel ibuprofen. Lakukan peregangan sebagai penunjang pengobatan nyeri pundak. Prinsipnya, semakin lentur otot, maka semakin kecil kemungkinan otot menjadi kaku. Kegiatan yang mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Vitamin

Asupan vitamin membuat fungsi tubuh lebih optimal. Asupan ini pun sangat berguna untuk otot dan tulang. Tak heran jika konsumsi vitamin termasuk cara mengatasi nyeri pundak yang patut diandalkan.

Vitamin yang dimaksud, vitamin B1 dan vitamin D. Tubuh yang kekurangan thiamin akan mengalami kerusakan saraf, nyeri, dan lemah otot.  Untuk vitamin D, bisa menguatkan tulang dan otot bergerak dengan semestinya. Vitamin D bisa didapat dari sinar matahari, konsumsi makanan, dan suplemen.

Keratin

Suplemen kreatin dapat membantu meredakan nyeri pegal linu pada pundak. Cara mengatasi nyeri pegal linu ini mengandalkan asam aminonya. Asam amino akan menyalurkan energi ke sel-sel tubuh, terutama bagian otot.

Lebih banyak kreatin dalam tubuh berarti lebih banyak energi untuk memperbaiki otot-otot yang sakit. Namun, konsumsinya tetap ikuti anjuran dokter. Jangan asal-asalan sampai overdosis. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]