Tips Menjaga Kesehatan Gigi di Masa Pademi Covid-19


Senin,14 Desember 2020 - 09:10:50 WIB
Tips Menjaga Kesehatan Gigi di Masa Pademi Covid-19 Sumber foto liputan6.com

Menjaga kebersihan gigi dan mulut di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini tentu menj.adi hal yang penting. Sayangnya, pergi ke dokter gigi saat ini tak semudah dulu. Pasalnya kita dianjurkan untuk hanya mengunjungi rumah sakit dan dokter gigi ketika mengalami keadaan darurat seperti sakit gigi parah, bengkak, pendarahan yang tidak terkontrol dan sebagainya.

Dilansir dari laman liputan6.com, banyak janji rutin pemeriksaan gigi yang harus dibatalkan entah sampai kapan kecuali keadaan darurat. Meski sekarang telah banyak dokter gigi yang membuka kembali layanannya, banyak kemungkinan dokter gigi menjadwalkan lebih sedikit janji temu untuk mencegah penyebaran Covid-19 di antara pasien dan dokter. Alhasil, Anda harus merawat gigi sendiri di rumah. Jangan khawatir, dilansir dari Allure, berikut deretan tips yang bisa kalian lakukan di rumah untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Sikat Gigi Rutin

Jika Anda sudah jarang melakukan perawatan ke dokter gigi selama beberapa minggu atau beberapa bulan terakhir, belum terlambat untuk merawat gigi agar tidak menyebabkan kerusakan permanen seperti gigi berlubang. Maka menjaga kebersihan gigi sangat penting dalam mencegah gigi berlubang apalagi pada masa pandemi.Anda disarankan untuk selalu menyikat gigi setidaknya dua kali sehari selama dua menit.

Para ahli menyarankan untuk mengganti sikat gigi setiap tiga hingga empat bulan. Setelah Anda memiliki sikat gigi yang baru, ingatlah untuk menyimpannya dalam posisi tegak dan di tempat yang kering, jauh dari sikat gigi milik orang lain.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli sikat gigi elektrik yang dapat membantu efisiensi kebersihan gigi, menurut Alphonse Matrone, dokter gigi di Olyphant, Pennsylvania.

Gosok Gigi Sehabis Ngemil

Sikatlah gigi segera setelah makan atau minum apabila Anda baru saja mengonsumsi sesuatu yang bersifat asam seperti kopi atau buah. Para ahli merekomendasikan untuk menyikat gigi selama 30 menit.

"Ini mengembalikan pH normal dan mengaktifkan air liur, yang merupakan pertahanan alami gigi terhadap bakteri dan plak," ujar Matrone. Coba ini juga setelah minum koktail atau alkohol yang dapat menyebabkan mulut kering, dan merupakan tempat berkembang biaknya plak dan bakteri.

Konsultasi ke Dokter

Jika Anda mengalami nyeri atau gejala apa pun, jangan ragu untuk menghubungi atau mengirim email ke dokter gigi Anda. Banyak dokter di aplikasi kesehatan yang dapat memberikan saran dan mendiagnosis gejala yang tengah Anda alami, serta membantu atau memiliki solusi sederhana untuk perawatan gigi di rumah untuk Anda. Dokter gigi juga akan memastikan pasien mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan. "Kami melakukan banyak konsultasi telepon dan meninjau foto yang dikirim melalui teks atau email. Apa pun yang diperlukan untuk menenangkan pikiran pasien," ujar Matrone. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]