5 Keajaiban Sholat Tahajud Jika Rutin Dilakukan Bagi Dunia dan Akhirat


Selasa,20 April 2021 - 15:42:28 WIB
5 Keajaiban Sholat Tahajud Jika Rutin Dilakukan Bagi Dunia dan Akhirat sumber foto merdeka.com

Tahajud berasal dari kata tahajjada yang sama artinya seperti istaiqazha, yang berarti terjaga, sengaja bangun, atau sengaja tidak tidur. Tahajud merupakan sholat yang dilakukan tengah malam hingga dini hari setelah tidur di malam hari.

Dan sesungguhnya sholat malam merupakan salah satu bentuk ibadah yang mulia sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Isra’ ayat 79 berikut :

“Dan pada sebagian malam hari sembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’ : 79)

Dilansir dari laman merdeka.com, Sholat tahajud hukumnya sunnah, yakni mendapatkan pahala jika dilaksanakan dan tidak berdosa jika ditinggalkan. Seseorang yang menjalankan sholat tahajud akan memperoleh kenikmatan dan keistimewaan dari Allah SWT. Berikut merdeka.com merangkum keajaiban sholat tahajud jika rutin dilakukan:

Menghapus Dosa

Keajaiban sholat tahajud selanjutnya yakni dihapus dosanya. Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda: “Shalat tahajud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan, dan menghindarkan diri dari penyakit.” (HR. Tirmidzi).

Dalam hadist tersebut tak hanya menghapus dosa, keajaiban sholat tahajud juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, yaitu dapat mendatangkan ketenangan dan menghindarkan diri dari penyakit.

Dikabulkan Doanya

Keajaiban sholat tahajud yang rutin dilakukan senantiasa dikabulkannya doa kita.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

Jembatan Masuk Surga

Keajaiban sholat tahajud berikutnya yakni bisa menjadi jembatan masuk surga. Allah SWT telah menjanjikan surga bagi hamba yang taat kepada-Nya. Sebaliknya, Dia menjadikan neraka sebagai hukuman bagi hamba yang durhaka kepada-Nya.

Selain itu, Allah SWT juga telah menunjukkan kepada kita cara-cara untuk menggapai surga-Nya. Salah satu cara untuk masuk surga adalah dengan melaksanakan sholat tahajud.

Di ceritakan dari Abdullah bin Salam RA bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Wahai sekalian manusia, sebarluaskanlah ucapaan salam, berikanlah makanan dan sholatlah kamu pada malam sewaktu manusia sedang tidur: niscaya kamu sekalian akan masuk surga dengan selamat”. (HR Tirmidzi).

Amalan yang Mambantu di Akhirat

Ada juga ayat yang terkandung di dalam Alquran terkait keajaiban sholat tahajud atau malam ini. Dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 telah disebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan sholat tahajud, insyaAllah akan mendapatkan sebuah balasan yang setimpal yang diberikan oleh Allah SWT ketika kelak sudah berada di akhirat.

Dalam ayat tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa. “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

Menjaga Kesehatan Rohani

Keajaiban sholat tahajud juga dapat menjaga kesehatan rohani dan membuat kita ingat selalu kepada Allah SWT. Allah akan memberikan pujian kepada siapa saja yang mau shalat tahajjud. Dia juga akan memasukkannya ke dalam kelompok hamba-Nya yang baik-baik.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S Ali Imran 3:113,

“Mereka itu tidak sama dengan ahli kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah SWT. Pada beberapa waktu di malam hari sedang mereka bersujud (sembahyang).”

Manfaat Sholat Tahajud Lainnya

Menurut hadist Rasulullah SAW yang lain adalah, “Siapa sholat malam dengan sebagus-bagusnya, maka Allah SWT, memuliakan sembilan perkara.

Lima macam di dunia dan empat macam di akhirat. Adapun lima keutamaan di dunia adalah:

  1. Akan  dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana

  2. Tanda ketaatannya akan kelihatan di mukanya

  3. Akan dicintai para hamba Allah yang shalih dan dicintai oleh semua manusia

  4. Akan dijadikan orang yang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

  5. Allah menjadikannya sebagai orang yang bijak. Yakni dia dianugerahi oleh Allah sebagai orang yang alim.

Sedangkan empat keutamaan di akhirat adalah:

  1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di hari pembalasan.

  2. Akan mendapatkan keringanan ketika dihisab.

  3. Ketika menyeberangi jembatan Shiratal Mustaqim. bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.

  4. Catatan amalnya akan diberikan di tangan kanan.

Secara umum keutamaan sholat tahajud dapat disebutkan, di antaranya:

  1. Orang yang selalu melaksanakan sholat tahajud, ia akan mendapat pahala sholat yang paling utama setelah sholat fardhu

  2. Orang yang selalu melaksanakan sholat tahajud akan menjadi orang yang paling dekat dengan Allah SWT.

  3. Orang yang selalu melaksanakan sholat tahajud akan menjadi orang yang senantiasa selalu dicintai Allah SWT. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]