Reshuffle Kabinet Akan Dilakukan Sore Nanti


Rabu,28 April 2021 - 09:42:09 WIB
Reshuffle Kabinet Akan Dilakukan Sore Nanti Sumber foto liputan6.com

Reshuffle cabinet Indonesia Maju kembali dilakukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada hari Rabu, 28 April 2021. Perombakan kabinet akan dilakukan dengan melantik dua menteri dan satu kepala badan di Istana Negara Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Dilansir dari laman liputan6.com, isu reshuffle sendiri telah berhembus sejak beberapa pekan terakhir. Hal itu usai DPR RI menyetujui peleburan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) serta pembentukan Kementerian Investasi.

Kali ini, reshuffle hanya dilakukan terbatas yakni, mengangkat dua menteri untuk mengisi posisi di kementerian baru tersebut. Selain itu, Jokowi disebut telah menunjuk sosok yang tepat untuk memimpin Kepala Badan Riset dan Inovasi (BRIN). Tak ada pos kementerian lain yang terkena reshuffle.

"Ada Mendikbud-Ristek, (Menteri) Investasi, Kepala BRIN (yang akan dilantik). Sore ini (dilantik)," kata sumber Liputan6.com di lingkup Istana saat dikonfirmasi, Selasa 27 April 2021.

Sumber tersebut mengungkapkan bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim akan dilantik menjadi Mendikbud-Ristek. Sedangkan, Menteri Investasi akan diisi oleh Bahlil Lahadalia yang kini menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). "(Kepala BRIN) Dari Kepala LIPI (Laksana Tri Handoko)," ujar sumber yang sama.

Selalu Dilakukan Rabu Pon

Adapun Menristek/Kepala BRIN sebelumnya dijabat oleh Bambang Brodjonegoro. Bambang pun beberapa hari lalu telah menyatakan pamit dari kementeriannya.

Jokowi yang merupakan orang jawa tulen kerap kali melakukan reshuffle kabinet di hari Rabu Pon atau Pahing. Hal itu dilakukan Jokowi selama lima kali baik di periode pertama atau kedua kepemimpinannya.

Reshuffle kabinet terakhir dilakukan Jokowi pada 23 Desember 2020 dimana berdasarkan penanggalan Jawa jatuh pada Rabu pon. Ada enam kementerian yang dirombak Jokowi, salah satunya memasukkan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]