Indonesia Masuk List of Shame PBB Akibat Tolak Resolusi Genosida


Kamis,20 Mei 2021 - 14:45:57 WIB
Indonesia Masuk List of Shame PBB Akibat Tolak Resolusi Genosida Sumber foto liputan6.com

Indonesia masuk ke List of Shame (Daftar Aib) di PBB. Penyebabnya, Indonesia menolak mendukung resolusi untuk mencegah genosida, kejahatan perang, pembersihan etnis, dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Dilansir dari liputan6.com, Indonesia memilih "No" pada voting yang berlangsung Selasa (18/5). List of Shame itu dirilis oleh UN Watch yang mendukung HAM, melawan diktator, dan standar ganda. Dalam daftar itu, Indonesia bersanding dengan China, Suriah, Korea Utara, Venezuela, Kirgizstan, Zimbabwe, Venezuela, Burundi, Belarusia, Eritrea, Bolivia, Rusia, Mesir, Kuba, dan Mesir.

Totalnya, ada 115 negara yang mendukung resolusi tersebut, seperti Finlandia, Australia, Belgia, Jepang, Korea Selatan, Turki, Malaysia, Uni Arab Emirat, Yaman, Swiss, Thailand, dan lain sebagainya.

Ada pula negara yang memilih abstain seperti Singapura dan India. Keputusan Indonesia ini mendapatkan antipati dari banyak netizen di Twitter. Salah satu kritikan berasal dari mantan anggota DPR dan Menpora Roy Suryo yang menyebut penolakan Indonesia merupakan hal yang "ambyar."

Menlu Retno Hadiri Majelis Umum PBB dan Fokus Bahas Isu Palestina

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah tiba di New York dalam agendanya menghadiri Majelis PBB yang akan fokus membahas isu Palestina dan Israel belakangan ini. Selain itu, seperti tertuang dalam Twitter @Menlu_RI tertanggal 19 Mei 2021, Menlu Retno juga menyebutkan bahwa ia pun akan menemui Sekjen PBB Antonio Guterres, Presiden Majelis Umum PBB Volkan Bozkir dan sejumlah Menteri Luar Negeri yang juga turut hadir.

Sejauh ini, PBB terus mendesak negara konflik untuk segera meredakan ketegangannya. PBB juga terus menyampaikan keprihatinannya atas konflik yang terpaksa menewaskan banyak nyawa, termasuk perempuan dan anak-anak.

First meeting with President of the 75th UN General Assembly @Volkan_Bozkir at the #UNHQ (New York,19/05). We discussed preparations for GA Debate on Palestine (20/5) and strengthening women’s role in UN peacekeeping operations#IndonesiaForTheWorld#IniDiplomasi pic.witter.com/QfxA6 ujnWH — Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (@Menlu_RI) May 19, 2021. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]