9 Cara Alami dan Sederhana Meredakan Cegukan yang Tak Kunjung Henti


Kamis,03 Juni 2021 - 14:17:22 WIB
9 Cara Alami dan Sederhana Meredakan Cegukan yang Tak Kunjung Henti sumber foto merdeka.com

Cegukan merupakan suatu kondisi yang bisa sangat mengganggu terutama ketika kita tengah konsentrasi atau hendak melakukan suatu hal yang serius. Walau tak berdampak serius terhadap kesehatan, namun cegukan terutama dalam waktu lama ini bisa sangat menyebalkan.

Dilansir dari laman merdeka.com, cegukan merupakan kontraksi tiba-tiba pada diafragma yang menyebabkan ruang antar pita suara menutup sehingga menyebabkan suara 'hik' yang terjadi berulang-ulang. Cegukan ini kerap kali terjadi secara tiba-tiba dan juga hilang secara tiba-tiba walau kadang waktu yang dibutuhkan cukup lama.

Cegukan seringkali terjadi ketika kita sedang makan dengan terlalu cepat. Namun tak semua cegukan diawali oleh menyumbatnya saluran pernapasan oleh makanan.

Selain makan dengan banyak dan tergesa-gesa, sekedar pasokan oksigen berlebih pada tubuh saja bisa membuat munculnya cegukan. Selain itu makanan cabai dan bumbu tertentu dipercaya sebagai penyebab cegukan yang berujung pada pencernaan yang tak lancar.

Untuk meredakan cegukan ini, terdapat sejumlah cara alami yang bisa coba kita terapkan. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah cara alami dan mudah untuk menghilangkan cegukan yang mengganggu ini.

Madu dan Minyak Castor

Madu dan minyak castor bisa menjadi cara alami untuk mengobati cegukan. Cara ini sangat khas dari India dan bisa kamu kombinasikan untuk atasi cegukan yang mengganggu.

Air Dingin

Cara paling mudah untuk menghentikan cegukan adalah dengan minum air dingin. Pasalnya, air dingin bisa menyebabkan gangguan pada diafragma dan membuat cegukanmu berhenti.

Gula

Konsumsi gula merupakan cara yang cukup manis dan lezat untuk menghilangkan cegukan. Makan gula berguna untuk merangsang saraf vagus dan membuat cegukanmu hilang dengan segera.

Cuka

Cuka tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masak saja. Walau begitu, cuka dengan rasa yang asam ini ternyata juga dapat menghentikan cegukan dengan segera.

Selai Kacang

Selain kacang bisa menjadi jalan untuk meredakan masalah cegukan saja. Ketika menelannya, selai kacang bisa menyela kerja pernapasan dan menghentikan cegukan yang kamu alami.

Lemon

Rasa asam bisa membantu menghentikan cegukan dan rasa ini bisa kamu peroleh juga dari lemon. Sama seperti pada cuka, rasa asam dari lemon bisa menyela kerja saraf dan menghentikan cegukan.

Kapulaga

Kapulaga juga merupakan pengobatan sederhana yang baik untuk menghentikan cegukan. Pasalnya, kapulaga bisa membantu membuat otot lebih rileks.

Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki sifat yang menenangkan tak hanya bagi pikiran namun juga bagi otot. Oleh karena itu konsumsinya bisa membantu meredakan kontraksi diafragma yang jadi penyebab cegukan.

Madu Mentah

Terdapat banyak manfaat dari madu mentah termasuk untuk menghentikan cegukan. Tekstur yang kenyal dari madu ini bisa meringankan kontraksi di diafragma dan menghentikan cegukan. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]