Seberapa Efektif Vaksin Sinovac dan AstraZeneca Melawan Varian Corona di RI?


Rabu,16 Juni 2021 - 16:39:59 WIB
Seberapa Efektif Vaksin Sinovac dan AstraZeneca Melawan Varian Corona di RI? sumber foto health.detik.com

Vaksin Sinovac dan AstraZeneca sampai saat ini jadi jenis vaksin COVID-19 yang paling banyak digunakan dalam program vaksinasi di Indonesia. Satgas Penanganan COVID-19 melaporkan setidaknya sudah ada lebih dari 11 juta orang yang mendapat dua dosis lengkap vaksin.

Dilansir dari laman health.detik.com, terkait hal tersebut, di tengah maraknya penyebaran berbagai varian COVID-19, timbul pertanyaan apakah vaksin masih efektif.

Juru bicara program vaksinasi dari Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, menjelaskan data terbaru yang membuktikan vaksin Sinovac mampu melindungi tenaga kesehatan (nakes). Disebutkan vaksin mencegah kematian sampai 98 persen, perawatan di rumah sakit 95 persen, dan timbulnya gejala sampai 93 persen.

"Dari data yang kita miliki, untuk vaksin Sinovac pada tenaga kesehatan, periode Maret-April itu dilakukan evaluasi. Kita lihat perlindungan kematian sampai 98 persen...," kata dr Nadia dalam diskusi yang disiarkan Forum Merdeka Barat 9, Rabu (16/6/2021).

Sementara untuk vaksin AstraZeneca, dr Nadia mengutip data oleh Public Health England (PHE) yang menyebut vaksin memiliki efikasi mencapai 60-66 persen terhadap Corona varian Alfa (B117) dan Delta (B1616).

"Jadi artinya seperti rekomendasi WHO sekarang kita percepat vaksinasi. Justru sebelum virus terus bermutasi yang akhirnya makin menurunkan efikasi vaksin," lanjut dr Nadia. "Kita percepat vaksinasi. Sebelum efikasi terganggu kita sudah punya pertahanan untuk virus tersebut," pungkasnya. (GA)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]