Syarat Utama Dapat Konsultasi Dokter dan Obat Gratis dengan 11 Platform Telemedicine


Selasa,06 Juli 2021 - 13:38:40 WIB
Syarat Utama Dapat Konsultasi Dokter dan Obat Gratis dengan 11 Platform Telemedicine sumber foto lifestyle.okezone.com

Banyaknya masyarakat yang melakukan isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19 membuat Kementerian Kesehatan berupaya memberikan layanan kesehatan yang layak dan benar. Kemenkes telah bekerjasama dengan 11 platform telemedicine yang akan memberikan jasa konsultasi dan jasa pengiriman obat secara gratis kepada pasien Covid-19 bergejala ringan maupun tanpa gejala yang melakukan isolasi.

Dilansir dari laman lifestyle.okezone.com, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa layanan telemedicine ini sengaja diberikan untuk mempermudah masyarakat yang terinfeksi Covid-19 mendapatkan perawatan dan pengobatan yang benar tanpa harus mengantre dan pergi ke rumah sakit. Sebab saat ini kamar rumah sakit hanya dikhususkan untuk merawat pasien dengan gejala sedang, berat, dan kritis.

“Kemenkes bekerjasama dengan 11 platform medicine yang kemarin sudah diluncurkan pak menko agar mereka bisa tetap berkonsultasi dengan dokter dan bisa dapat layanan obat gratis dari Kemenkes. Layanan telemedicine dengan 11 platform ini dilakukan di DKI Jakarta untuk sementara,” kata Menkes Budi, dalam sesi jumpa pers di channel YouTube Sekertariat Presiden, Selasa (6/7/2021).

Adapun 11 platform telemedicine yang bisa diakses masyarakat untuk mendapatkan jasa konsultasi dan pengobatan gratis dapat di klik di link ini:

1. Alodokter, https://bit.ly/alodokter-isoman

2. GetWell, https://play.google.com/store/apps/details?id=id.paquesid.getwell

3. Good Doctor, https://gooddoctor.onelink.me/Cmiw/efeba7ae dan GrabHealth, https://grab.onelink.me/2695613898/fe73b8c5

4. Halodoc, Bit.ly/isoman_halodoc

5. KlikDokter, https://bit.ly/kd-kemenkes-isoman

6. KlinikGo, https://klinikgo.com/isoman

7. Link Sehat https://link.linksehat.com/mRMf

8. Milvik Dokter, https://milvik.id/about-us/

9. ProSehat, https://prosehat.com/wa

10. SehatQ, https://sehatqapp.onelink.me/bgzy?

11. YesDok, https://bit.ly/ISOMAN-YesDok

Pada saat yang bersamaan, Menkes Budi juga menjelaskan mengenai syarat utama agar masyarakat bisa menikmati layanan telemedicine dari 11 platform yang telah disediakan oleh Kemenkes.

“Layanan juga berlaku untuk orang yang sudah dikonfirmasi positif Covid-19 dan ada dalam database Kemenkes. Jadi harus positif Covid-19 dulu sehingga tidak ada abuse sesuatu yang tidak baik. Konsultasi akan digratiskan oleh telemedicine, dan obatnya akan digratiskan oleh Kemenkes,” lanjutnya.

Menkes Budi berharap agar strategi yang dilakukan Kemenkes ini dapat direplikasikan ke daerah lain. Terutama pada wilayah yang berpotensi mengalami kenaikan kasus Covid-19.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah Jawa Barat yang telah menjalankan telemedicine ini dan berharap bisa dijalankan ke daerah-daerah yang lain. Kita perlu juga mendapatkan tempat tidur isolasi dan tempat tidur rumah sakit di daerah lain. Ini akan kami replikasikan,” tuntasnya. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]