Berbagai Jenis Tes Covid-19 yang Perlu Diketahui


Jumat,03 September 2021 - 13:06:12 WIB
Berbagai Jenis Tes Covid-19 yang Perlu Diketahui sumber foto lifestyle.okezone.com

Di tengah pandemi Covid-19, banyak sekali berbagai jenis tes Covid-19 di Tanah Air. Tes Covid-19 sendiri harus dilakukan saat seseorang mengalami gejala Covid-19 atau memiliki riwayat kontak dengan pasien dipastikan positif Covid-19.

Dilansir dari laman lifestyle.okezone.com, yang dikutip dari laman Instagram Satgas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, saat ini terdapat beberapa alat yang bisa digunakan untuk melakukan tes Covid-19. Yuk kenali berbagai jenisnya.

1. Rapid Test

Tes ini akan mendeteksi Covid-19 melalui antibodi dalam darah. Tentunya sampel yang digunakan dalam tes ini adalah darah seseorang yang diduga terinfeksi Covid-19. Selintas pemeriksaan rapid tes ini mirip dengan pemeriksaan gula darah. Hanya dibutuhkan waktu sekira 10-15 menit untuk mengetahui hasilnya.

2. Swab Antigen

Swab antigen digunakan untuk mendeteksi materi genetik atau protein spesifik dari virus dalam tubuh. Sampel tes ini diambil melalui swab lubang hidung, dan membutuhkan jangka waktu kurang lebih selama 30 menit di fasilitas kesehatan.

3. Swab PCR

Swab PCR adalah tes Covid-19 dengan tingkat akurasi yang paling tinggi di antara lainnya dan menjadi gold standar dalam pemeriksaan Covid-19. Target deteksi tes ini adalah materi genetik (DNA dan RNA) dari virus. Pengambilan sampelnya berasal dari mulut dan hidung. Meski akurat, namun pemeriksaan ini membutuhkan waktu yang lebih laman sekira 1-2 hari setelah sampel diterima di laboratorium. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]