Harga Cabai hingga Telur Meroket, BI Prediksi Inflasi Tahun Ini Capai 1,9 Persen


Senin,03 Januari 2022 - 11:01:56 WIB
Harga Cabai hingga Telur Meroket, BI Prediksi Inflasi Tahun Ini Capai 1,9 Persen Sumber foto tempo.co

Bank Indonesia atau BI memprediksi laju inflasi pada bulan Desember ini akan mencapai 0,6 persen. Hal tersebut didasarkan pada hasil survei pemantauan harga pada minggu kelima bulan ini.

Dilansir dari laman tempo.co. "Inflasi berada pada level yang rendah dan terkendali," kata Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono dalam keterangan tertulis Jumat, 31 Desember 2021. Dengan begitu, Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi 2021 sebesar 1,9 persen. 

Bank sentral menyebutkan sejumlah penyumbang utama inflasi hingga pekan kelima bulan ini adalah cabai rawit sebesar 0,14 persen (mtm), minyak goreng sebesar 0,07 persen (mtm), daging ayam ras dan telur ayam ras masing-masing sebesar 0,06 persen (mtm).

Selain itu komoditas cabai merah menyumbang inflasi sebesar 0,04 persen (mtm), bawang merah, beras, detergen bubuk, semen, tarif angkutan udara dan bahan bakar rumah tangga masing-masing sebesar 0,01 persen (mtm). Sedangkan komoditas yang mengalami deflasi yaitu daging sapi sebesar -0,01 persen (mtm).

Lebih jauh, Erwin menyebutkan, Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu. Selain itu, BI akan mengambil langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. "Serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan," kata Erwin. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]