UMKM Orientasi Ekspor Dapat Kredit dengan Bunga 9%


Selasa,29 Maret 2016 - 14:32:07 WIB
UMKM Orientasi Ekspor Dapat Kredit dengan Bunga 9% Salah satu bentuk UMKM yang kini butuh sentuhan kredit bunga ringan. (foto: Parlindungan)

Pemerintah menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berorientasi ekspor. Bunganya hanya 9% per tahun.

Menko Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, kredit ini menyediakan fasilitas pembiayaan ekspor yang terpadu bagi UMKM.  "Yang khusus mengenai ini, UMKM kan susah ekspor sendiri. Biasanya dia menjual ke perusahaan yang lebih besar untuk dieksporkan. Kalau dia sudah bisa mengeksporkan diri, maka dia sudah bisa mendapatkan KUR orientasi ekspor ini," kata Darmin di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2016).

Kebijakan baru ini masuk dalam Paket Ekonomi Jilid XI bersama tiga kebijakan baru lainnya. Syarat perusahaan untuk bisa mengambil KUR ini adalah berorientasi ekspor atau bekerja sama dengan perusahaan yang melakukan ekspor.

"Apabila dia tanda tangan kerja sama dengan perusahaan lebih besar untuk nanti perusahaan pengekspor, maka UMKM ini bisa mendapatkan KUR. Jadi dia bisa ekspor sendiri atau menjual ke perusahaan lebih besar. Kita tidak akan meminta pembuktian ekspornya, sepanjang perusahaan besar itu orientasi ekspor," jelasnya seperi dilansir detik.com.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]