5 Gejala Omicron pada Orang yang Telah Mendapat Vaksinasi Covid-19 Lengkap


Selasa,18 Januari 2022 - 14:42:24 WIB
5 Gejala Omicron pada Orang yang Telah Mendapat Vaksinasi Covid-19 Lengkap Sumber foto tempo.co

Varian terbaru Covid-19, Omicron, terbukti lebih mudah menular daripada varian sebelumnya, bahkan pada orang yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap. Untungnya, sebagai besar orang sudah memiliki kekebalan sehingga gejala yang muncul tidak terlalu mengkhawatirkan.

Dilansir dari laman tempo.co. Profesor Tim Spector, yang mengepalai ZOE Covid Symptom Study di Inggris, mengungkap ada lima gejala khas Omicron yang muncul pada orang yang divaksinasi lengkap. Umumnya gejala tersebut lebih ringan dibandingkan dengan Delta dan pendahulunya.

"Kembali pada tahun 2020, dengan cepat menjadi jelas bahwa versi asli dan Alpha dari virus corona menyebabkan tiga gejala yang sangat umum, batuk, demam, dan kehilangan penciuman - serta setidaknya 20 lainnya," tulis Profesor Tim Spector di newsGP.

Profesor Spector adalah ilmuwan utama di ZOE Covid Study yang telah memantau pergerakan pandemi melalui jutaan pengguna aplikasi. "Ketika Delta muncul, kami kemudian melihat pergeseran gejala yang paling sering dilaporkan," katanya.

Menurut dia, gejala yang sebelumnya umum seperti sesak napas, demam dan kehilangan penciuman turun peringkat. "Gejala seperti demam, termasuk pilek, sakit tenggorokan dan bersin terus-menerus, menjadi lebih umum, bersama dengan sakit kepala dan batuk, terutama pada orang yang telah divaksinasi."

Menurut Spector, Omicron tampaknya melanjutkan tren yang ditetapkan Delta. Varian ini menyebabkan gejala yang lebih mirip pilek biasa, terutama pada orang yang telah divaksinasi, dan lebih sedikit gejala sistemik umum, seperti mual, nyeri otot, diare, dan ruam kulit.

Lima gejala Omicron teratas yang dilaporkan dalam aplikasi ZOE adalah pilek, sakit kepala, kelelahan (baik ringan atau berat), bersin, dan sakit tenggorokan.

Tim ZOE juga menemukan bahwa hanya setengah dari orang dengan Covid-19 yang memiliki salah satu dari tiga gejala klasik demam, batuk, atau kehilangan indra penciuman. Dia dan timnya telah mendesak Pemerintah Inggris untuk memperbarui daftar gejala Omicron dengan temuannya. (RF)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]