Toyota Patenkan Teknologi Transmisi Manual untuk Mobil Listrik


Kamis,17 Februari 2022 - 10:01:03 WIB
Toyota Patenkan Teknologi Transmisi Manual untuk Mobil Listrik sumber foto liputan6.com

Bicara mengenai teknologi pada mobil listrik, para produsen otomotif memang telah menyematkan beberapa fitur unggulan untuk membuat pengemudinya merasa nyaman dalam berkendara. Tidak cukup sampai di situ, sebagai pabrikan otomotif terbesar di dunia, Toyota, justru kembali menggebrak dunia otomotif dengan paten baru di mana mereka akan menanamkan tranmisi manual untuk mobil listrik.

Dilansir dari laman liputan6.com. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang pengguna forum BZForum, di mana ia menemukan informasi paten baru yang tengah diajukan oleh Toyota ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat. Paten tersebut diajukan pada Juni 2021 dan baru diterbitkan beberapa hari lalu.

Tentunya, paten tersebut sangat kontradiktif dengan teknologi yang ada di mobil listrik. Meskipun Porsche Taycan listrik diklaim memiliki tranmsisi dua percepatan, namun hal tersebut dibedakan untuk membagikan tingkat torsi tertentu untuk membuat akselerasi menjadi lebih halus.

Sederhananya, paten Toyota mengenai transmisi manual untuk mobil listrik ini adalah sebuah simulasi gearbox yang difungsikan melalui perangkat lunak.

Adapun alasan mereka dalam penyematan teknologi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesenangan berkendara. Landasan awalnya adalah melalui software ini, teknologi tersebut dapat mensimulasikan nuansa peningkatan akselerasi bertahap per gigi, serta keterlibatan kopling dan tuas persneling.

Dengan menggunakan transmisi manual terkadang dapat menjadi hambatan, terutama dalam lalu lintas, sehingga paten selanjutnya menyarankan bahwa melalui dial dapat dipasang dan dapat beralih dari model EV ke mode konvensional.

Namun, inovasi tersebut tetap dinilai tidak akan memberikan dampak yang begitu terasa oleh para pemerhati otomotif. Pasalnya, kenikmatan berkendara melalui transmisi manual dengan versi yang dipatenkan oleh Toyota akan menghadirkan esensi yang berbeda. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]