Sisi Lain 'Manusia Perahu', Pilih Tinggal di Perahu Ketimbang di Rusun


Rabu,13 April 2016 - 16:32:31 WIB
Sisi Lain 'Manusia Perahu', Pilih Tinggal di Perahu Ketimbang di Rusun 'Manusia perahu' yang tinggal di atas perahu bersama keluarga dan barang-barang mereka. (foto detik.com)

Tak semua warga eks Luar Batang, Jakarta Utara memilih tinggal di Rusunawa yang ditawarkan. Ada juga yang bertahan dan memilih tinggal di perahu.

Ada puluhan 'manusia perahu' yang tinggal di atas perahu bersama keluarga dan barang-barang mereka. “Ngapain Rusun, gratis 3 bulan doang. Tempat usaha ngga dikasih. Punya KTP KK DKI. Nggak pengen juga pindah rusun. Rusun juga enggak layak,” jelas Nur (24) yang tinggal bersama anak dan suaminya yang nelayan, Rabu (13/4/2016).

Nur terlihat bersantai di atas perahunya. Barang-barang menumpuk. Perahu yang berukuran beberapa meter ini kini menjadi rumah dia dan keluarganya. Dahulu, dia tinggal di kontrakan dengan sewa Rp 400 ribu. Suaminya nelayan dan Nur berdagang di pasar. “Nggak ada bantuan, dari aparat juga nggak ada. Adanya dari tetangga, ngasih nasi bungkus doang,” imbuh dia.

Di perahu itu selain Nur, ada juga kerabatnya. Mereka bersama-sama tidur di atas perahu. Untuk mencuci mereka bergerak ke darat menumpang di tempat lain, untuk memasak hanya seadanya di atas perahu, dan terkadang membeli. “Semuanya beli, buat minum di galon, 1 galon 17 ribu. Segalon buat rama-ramai. Masak juga di sini. Mandi numpang. Makanya suami lagi nyari besi buat tambahan,” terang dia speerti dilansir detik.com.

Nur tak tahu sampai kapan tinggal di perahu. Bersama anaknya dia hanya menunggu, menunggu keajaiban datang. “Masih mengharapkan adanya bantuan, tapi nggak mungkin kayaknya. Ahok kan kemarin udah bilang di tanah negara nggak dapet ganti rugi,” tutup dia sambil merebahkan diri di atas perahu.(*)

Parl-3180 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]