Pahami Perbedaan Gadai Kendaraan dan Gadai BPKB di Pegadaian


Selasa,01 Maret 2022 - 16:13:31 WIB
Pahami Perbedaan Gadai Kendaraan dan Gadai BPKB di Pegadaian sumber foto merdeka.com

Banyak cara mendapatkan dana untuk berbagai keperluan, salah satunya dengan mencoba gadai di Pegadaian. Namun gadai sendiri ada banyak jenisnya, baik berdasarkan barang jaminannya maupun fitur pembayarannya. Beragam gadai pun bisa dicoba mulai dari gadai emas, HP, laptop, alat elektronik, hingga kendaraan.

Dilansir dari laman merdeka.com. Meski demikian, beberapa orang masih sulit mengenali perbedaan gadai kendaraan dan gadai BPKB. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Di Pegadaian, gadai BPKB kerap juga dikenal dengan Pinjaman Serbaguna. Untuk memahami lebih dalam, berikut perbedaan gadai Kendaraan dan pinjaman serbaguna atau gadai BPKB Pegadaian, seperti dikutip dari laman resmi Pegadaian. 

Dari namanya, sudah bisa langsung diketahui barang jaminan yang diterima. Untuk gadai kendaraan, barang jaminannya adalah kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Sedangkan Pinjaman Serbaguna, menggunakan barang jaminan berupa BPKB kendaraan. Jadi, jika melakukan Gadai Kendaraan, kendaraan akan disimpan di Pegadaian. Sementara khusus Pinjaman Serbaguna, hanya BPKB saja yang disimpan di Pegadaian, kendaraannya bisa digunakan.

Persyaratan

Gadai Kendaraan bisa didapatkan oleh siapa saja, asalkan memiliki kendaraan. Diutamakan kendaraan tersebut atas nama orang yang mengajukan gadai. Jika berbeda karena belum balik nama setelah pembelian kendaraan, maka harus disertakan surat bukti jual beli kendaraan dan fotokopi identitas pemilik awal.

Sedangkan Pinjaman Serbaguna diperuntukkan bagi karyawan maupun non karyawan dibuktikan dengan Izin Praktek Usaha atau Surat Keterangan Kerja. Kendaraan pun diharapkan juga atas nama orang yang mengajukan pinjaman.

Proses Pencairan

Jika butuh dana mendesak yang cepat, lebih disarankan untuk memilih Gadai Kendaraan. Pasalnya, uang pinjaman bisa cair pada hari yang sama setelah dilakukan penaksiran barang jaminan dan menyepakati uang pinjaman. Cepat sekali kan? Untuk Pinjaman Serbaguna, terdapat proses verifikasi dan survey dari petugas Pegadaian terlebih dahulu. Maka, perlu waktu sampai uang pinjaman bisa cair.

Sistem Cicilan

Seperti sistem gadai pada umumnya, Gadai Kendaraan tidak memiliki cicilan tetap yang mengikat. Kita bisa mencicil dengan jumlah sesuai kemampuan, memperpanjang, serta melunasi sewaktu-waktu. Pinjaman Serbaguna memiliki cicilan tetap tiap bulan yang jangka waktunya bisa dipilih sesuai kebutuhan mulai dari 12, 18, 24, dan 36 bulan. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]