7 Cara Menabung untuk Beli Rumah di Usia Muda


Kamis,17 Maret 2022 - 16:46:26 WIB
7 Cara Menabung untuk Beli Rumah di Usia Muda sumber foto cnnindonesia.com

Memiliki rumah di usia muda jadi harapan banyak orang. Menabung bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan keinginan untuk membeli rumah. Dengan mengetahui cara menabung untuk beli rumah, bisa menjadi solusi untuk segera mendapatkan hunian idaman.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. Membeli rumah memang bukan hal mudah dilakukan, mengingat harga rumah akan semakin naik setiap tahunnya. Rumah merupakan salah satu bentuk investasi yang baik lantaran pasti mengalami pertambahan nilai.

1. Tetapkan target

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencari tahu harga rumah yang diinginkan dan disesuaikan dengan penghasilanmu per bulannya. Dengan begitu, target tabungan yang ditentukan akan lebih masuk akal. Selain itu, perhitungkan potensi kenaikan harga rumah di tahun-tahun mendatang sehingga kamu bisa menyiapkan dana baik itu untuk uang muka (DP) beserta cicilannya sesuai dengan harga di tahun-tahun berikutnya.

2. Menabung di awal

Menabung di awal adalah tips menyisihkan uang yang ampuh untuk terhindar dari kebiasaan boros.
Kesalahan yang masih sering dilakukan adalah tidak memprioritaskan tabungan, sehingga uang yang dijadikan tabungan adalah sisa pendapatan yang telah dihabiskan sebulan.

Jangan menunggu sisa gaji untuk ditabung karena justru akan membuatmu gagal menabung. Lakukan menabung di awal tepat setelah menerima gaji, lalu pos-poskan uang untuk keperluan-keperluan lainnya.

3. Gunakan 2 rekening berbeda

Sebelum menabung, disarankan untuk memiliki dua rekening bank. Satu rekening dikhususkan untuk menampung uang tabungan (saving), sedangkan satu lagi untuk keperluan harian (living). Dengan memisahkan uang ke dalam dua rekening berbeda, pengeluaran akan jadi lebih terkontrol. Untuk rekening tabungan, tak perlu dibawa sehari-hari guna mencegah penarikan mendadak yang membuat tabungan terpakai.

4. Disiplin mengalokasikan uang

Cara menabung untuk beli rumah selanjutnya adalah disiplin dalam mengalokasikan uang. Alokasi dana bisa dibuat per bulan dengan membuat catatan kebutuhan bulanan yang terperinci. Misalnya tagihan, biaya transportasi, biaya hidup dan makan, tabungan, termasuk cicilan. Budget ini nantinya akan menjadi panduanmu tiap bulan sehingga pengeluaran tidak meleset.

5. Batasi pola hidup konsumtif

Penghambat utama tidak dapat menabung adalah pola hidup konsumtif dan tidak memiliki prioritas belanja. Seperti kebiasaan jajan, beli barang-barang yang tidak perlu di luar kebutuhan primer, hingga tergiur diskon dan promo. Jika kamu telah menetapkan tujuan untuk menabung membeli rumah, tahan diri untuk pengeluaran sepele. Sebesar apa pun pendapatan, jika tidak bisa dikelola dengan baik maka berapa pun uang akan habis begitu saja tak bersisa.

6. Lunasi semua utang

Sebelum memutuskan untuk menabung, ada baiknya untuk melunasi segala utang atau kredit terlebih dahulu. Utang yang belum dilunasi akan menjadi beban dan dapat membuat keuangan semakin tercekik terlebih jika nominalnya besar. Dengan bebasnya dari segala kewajiban membayar utang, kamu akan semakin fokus menyisihkan uang untuk ditabung.

7. Cari penghasilan tambahan

Cara menabung untuk beli rumah berikutnya adalah mencari pendapatan lain di luar gaji pokok. Penghasilan tambahan bisa didapat dengan kerja sampingan atau membuka usaha baru kecil-kecilan. Hal ini dilakukan untuk membantu mendapat pemasukan tambahan, baik untuk kehidupan sehari-hari maupun menambah pundi-pundi tabungan. Selain itu, dengan memiliki penghasilan tambahan bisa sebagai rencana cadangan jika suatu hari pemasukan tetap Anda berkurang atau bahkan hilang. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]