Bandara SSK II Pekanbaru Kembali Layani Penerbangan Internasional


Rabu,06 Juli 2022 - 11:28:11 WIB
Bandara SSK II Pekanbaru Kembali Layani Penerbangan Internasional sumber foto merdeka.com

Perjuangan Pemprov Riau meminta agar penerbangan internasional melalui Bandar Udara (Bandara) Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru kembali dibuka membuahkan hasil. Pemerintah pusat akhirnya mengizinkan penerbangan dari dan ke luar negeri di bandara itu.

Dilansir dari laman merdeka.com. Penerbangani internasional di Bandara SSK II sempat ditutup sekitar 2 tahun lebih akibat pandemi Covid-19. Gubernur Riau Syamsuar berulang kali meminta agar Kemenhub kembali membukanya, namun baru kali ini terealisasi. "Alhamdulillah sudah terbuka penerbangan internasional yang saya sampaikan pada Rakorgub didukung oleh Bapak Mendagri. Keinginan agar penerbangan internasional dibuka sudah kita sampaikan di berbagai kesempatan," ujar Syamsuar saat dihubungi merdeka.com, Rabu (6/7).

Instruksi Mendagri

Syamsuar menjelaskan, keinginan dibukanya penerbangan internasional ini sempat ia sampaikan dalam beberapa kesempatan dan terakhir dalam rapat koordinasi gubernur se-Sumatera. Rapat koordinasi itu juga dihadiri oleh Wakil Menteri Dalam Negeri Jhon Wempi Wetipo di Pekanbaru beberapa waktu lalu.

"Karena banyak desakan dari masyarakat, jadi saya harus perjuangkan. Apalagi kasus Covid-19 di mana-mana kan sudah landai," tegas Syamsuar. Pembukaan penerbangan internasional tersebut dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 34 tahun 2022 yang dikeluarkan pada Senin 4 Juli 2022.

Instruksi itu tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 2 dan level 1 serta mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulaeman, Maluku dan Papua.

Pada bagian enam poin a instruksi itu dijelaskan tentang pembatasan pintu masuk perjalanan penumpang internasional bagi warga negara Indonesia.

Warga Sambut Positif

Ada sebelas bandara yang dibuka untuk jalur penerbangan internasional yaitu, Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Provinsi Banten; Bandara Juanda di Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur; Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Provinsi Bali; Bandara Hang Nadim di Batam, Provinsi Kepulauan Riau; Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau; Bandara Sam Ratulangi di Manado, Provinsi Sulawesi Utara; Bandara Zainuddin Abdul Madjid di Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat; Bandara Kualanamu di Provinsi Sumatera Utara; Bandara Sultan Hasanuddin di Provinsi Sulawesi Selatan; Bandara Internasional Yogyakarta di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta; dan Bandara Sultan Syarif Kasim II di Provinsi Riau.

Salah seorang warga Riau, Heru mengaku senang dengan dibukanya pintu penerbangan internasional di Bandara SSK II Pekanbaru itu. Dia langsung berencana berlibur ke luar negeri bersama keluarganya. "Masa iya sudah dibuka? Alhamdulillah, kami bisa liburan tahun ini, setelah 3 tahun tak keluar negeri," ucapnya.

(RF)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]