Waspada, Ada 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi


Rabu,27 Juli 2022 - 16:27:06 WIB
Waspada, Ada 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi sumber foto cnnindonesia.com

Kolesterol tinggi adalah kondisi yang sering dialami banyak orang. Ada berbagai kebiasaan yang menyebabkan kolesterol tinggi khususnya bagi Anda yang berusia di atas 35 tahunan. Biasanya tidak ada gejala tertentu yang menandakan adanya kolesterol tinggi, namun dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular jika diabaikan.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. Anda perlu waspada bila kadar kolesterol Anda tinggi karena risiko berbagai penyakit serius seperti hipertensi, diabetes atau stroke meningkat. Banyak faktor yang bisa menjadi dalang dari tingginya kadar kolesterol, salah satunya faktor penuaan.

Namun, kondisi tingginya kadar kolesterol Anda bisa juga dipengaruhi oleh faktor gaya hidup atau kebiasaan yang Anda tidak sadari. Melansir berbagai sumber, berikut 5 kebiasaan yang menyebabkan kolesterol.

1. Merokok

Merokok membuat kolesterol LDL Anda lengket sehingga menempel pada dinding arteri Anda dan menyumbatnya. Mengutip WebMD, merokok dapat menurunkan kadar kolesterol HDL Anda, yang biasanya menghilangkan kolesterol dari dinding arteri. Merokok juga dapat merusak dinding arteri Anda, dan kolesterol terkumpul di area yang rusak.

2. Minum terlalu banyak alcohol

Mengonsumsi terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan kadar kolesterol Anda meningkat dan berbahaya bagi Anda. Alkohol dipecah di hati Anda dan direkonstruksi sebagai kolesterol dan trigliserida. Semakin banyak Anda minum, semakin tinggi kadar kolesterol dan trigliserida Anda. Ini menjadi salah satu kebiasaan yang menyebabkan kolesterol.

3. Terlalu banyak konsumsi gula

Lemak jenuh sering dituding sebagai penyebab diet utama penyakit jantung. Tetapi terlalu banyak gula juga menjadi salah satu penyebabnya. Mengonsumsi makanan terlalu manis menyebabkan hati Anda membuat lebih banyak kolesterol LDL dan trigliserida, dan lebih sedikit kolesterol HDL.

4. Kebanyakan duduk dan mager

Duduk berjam-jam tidak baik untuk kesehatan Anda. Ini terkait dengan obesitas, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi. Ketika Anda duduk terlalu lama, enzim yang mengubah kolesterol LDL berbahaya menjadi kolesterol HDL baik turun 95%. Berdiri setidaknya setiap 30 menit dan berjalan kaki 5 menit setiap jam demi melindungi hati Anda.

5. Minum kopi tanpa filter

Kopi yang dibuat dari french press, kopi Turki, atau kebiasaan meminum espresso dapat menimbulkan masalah bagi kolesterol Anda. Kopi ini tidak menggunakan filter, sehingga senyawa berminyak dalam biji yang disebut diterpen meresap ke dalam cangkir Anda.

Minyak ini dapat meningkatkan kolesterol LDL. Meskipun satu atau dua porsi sehari tidak bermasalah, para ahli merekomendasikan tidak lebih dari empat kopi tanpa filter sehari. Hal ini juga menjadi salah satu kebiasaan yang menyebabkan kolesterol. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]