Mengenal 8 Jenis Bayi Kembar Siam dan Ciri-cirinya yang Jarang Diketahui


Selasa,02 Agustus 2022 - 15:26:02 WIB
Mengenal 8 Jenis Bayi Kembar Siam dan Ciri-cirinya yang Jarang Diketahui sumber foto suara.com

Dalam beberapa kehamilan kembar, embrio terpisah dari dua atau lebih bayi. Namun, pada saat embrio tidak terpisah sepenuhnya dan tetap terhubung secara fisik, maka bayi kembar tersebut akan berkembang menjadi kembar siam . Kembar siam sendiri memiliki ragam jenis. Kembar siam diperkirakan terjadi pada sekitar 1,5% per 100.000 kelahiran di seluruh dunia. Sekitar 75% dari kembar siam berjenis kelamin perempuan.

Istilah Kembar Siam

Dilansir dari laman suara.com. Diketahui, istilah kembar siam sendiri sebenarnya tidak digunakan dalam dunia medis. Hal tersebut karena istilah ini merujuk pada suatu kasus kelahiran kembar yang terkenal di Thailand, pada abad ke-19.

Adapun penyebab kembar siam tidak bisa diketahui secara pasti. Hal tersebut karena kondisi ini sangat jarang, oleh karenanya tidak ada faktor risiko yang diketahui bisa berkontribusi terhadap kehamilan kembar siam. Keluhan yang terjadi pada calon ibu bayi kembar siam sama dengan gejala kehamilan janin normal, seperti misalnya mual, lemas, hingga muntah-muntah.

Jenis-jenis Kembar Siam

Bayi kembar siam bisa terbagi anggota tubuh di satu lokasi, atau bahkan lebih. Tidak hanya itu, kehamilan ini juga bisa berbagi bagian tubuh atau organ internal lainnya. Jenis bayi kembar siam sendiri tergantung pada posisi anggota tubuh yang tergabung. Lantas, apa saja jenis bayi kembar siam tersebut? Mengutip laman SehatQ Kemenkes, berikut jenis-jenis bayi kembar siam.

1. Kembar Thoracopagus atau Xiphopagus

Jenis bayi kembar siam ini dicirikan dengan bagian tubuh yang bergabung di bagian dada. Bayi kembar siam jenis ini berbagi organ tubuh seperti jantung, hati, dan organ tubuh bagian atas lainnya.

2. Kembar Craniopagus

Jenis kembar siam ini bergabung di kepala, tepatnya di beberapa daerah tengkorak, dan bagian belakang, atas atau samping kepala. Akan tetapi, wajah keduanya tidak bergabung. Meskipun berbagi tengkorak, bayi kembar siam ini juga biasanya memiliki otak yang terpisah.

3. Kembar Parapagus

Jenis kembar siam ini bergabung di bagian samping tubuh, tepatnya di area pinggul, dada, dan perut. Kembar siam ini tergabung di bagian perut sebagian atau bahkan seluruhnya. Bayi kembar siam ini memiliki jumlah anggota badan yang berbeda, dengan dua kepala yang terpisah.

4. Kembar Omphalopagus

Jenis kembar siam ini bergabung di dekat perut atau pusar. Biasanya, bayi kembar siam ini berbagi hati atau organ tubuh bagian bawah seperti usus kecil.

5. Kembar Pygopagus

Jenis kembar siam ini bergabung di belakang, tepatnya di tulang belakang bagian bawah dan bokong. Beberapa bayi kembar siam jenis ini berbagi saluran pencernaan atau bahkan berbagi organ kelamin.

6. Kembar Ischiopagus

Jenis kembar siam bergabung di daerah panggul, baik berhadapan atau saling membelakangi. Bayi kembar siam, berbagi organ hati, sistem pencernaan saluran genital, atau saluran kemih.

7. Kembar Cephalopagus

Jenis kembar siam ini bergabung di wajah, dan bagian atas tubuh. Kedua wajah bayi kembar siam muncul di sisi berlawanan dari kepala yang sama, dan berbagi otak. Jenis bayi kembar siam ni jarang bertahan hidup.

8. Kembar Rachipagus atau Rachiopagus

Jenis kembar siam ni bergabung di bagian belakang tubuh, tepatnya sepanjang tulang belakang. Namun, bayi kembar siam jenis ini sangat jarang ditemukan. (RF)

 

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]