Alasan Shopee Sensor Nama dan Nomor HP Pembeli dari Penjual


Senin,08 Agustus 2022 - 16:53:28 WIB
Alasan Shopee Sensor Nama dan Nomor HP Pembeli dari Penjual sumber foto cnnindonesia.com

Marketplace Shopee menyatakan alasan menyembunyikan nama serta nomor telepon pembeli di aplikasinya, sehingga penjual tak bisa melihat adalah untuk menjaga privasi dan keamanan data. "Kami menyamarkan data pembeli untuk menjaga privasi dan memastikan keamanan data pengguna Shopee," tulis Shopee Indonesia melalui keterangan resminya, Senin (8/8).

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. Menurut Shopee, untuk berkomunikasi dengan pembeli, penjual dapat menggunakan fitur chat yang disediakan di aplikasi. Selain itu, meski tidak dapat melihat data nama dan nomor telepon pembeli, Shopee memastikan prose pengiriman oleh kurir tak akan terganggu. "Untuk melihat data penjualan dan performa toko, penjual bisa menggunakan fitur Bisnis Saya di Seller Center yang akan memberikan informasi untuk membantu penjual meningkatkan performa penjualan," jelas manajemen Shopee.

Shopee juga menyatakan kebijakan ini juga telah dikomunikasikan kepada penjual. Sebelumnya, pemilik akun Twitter @txtdaribrand, Minggu (7/8), mengatakan Shopee menyensor nama dan kontak pembeli. Dengan demikian, penjual hanya bisa melihat alamat pembeli. "Shopee bikin kebijakan menyensor nama sama kontak pembeli, jadi seller cuma tahu alamatnya," tulis pemilik akun Twitter @txtdaribrand.

Ia juga mengunggah sebuah tulisan yang membahas tentang kebijakan baru Shopee yang merugikan penjual. Seseorang itu mengeluh kebijakan baru Shopee akan membuat penjual susah menghubungi pembeli. "Jadi yang mau ditulis apa toh, nama dan nomor HP tidak ada. Semakin ruwet Shopee perkara nama sama nomor HP doang, sudah kayak kirim ke orang tak dikenal," tulis seseorang tersebut. Seseorang itu juga khawatir kurir akan salah menempel nomor resi di paket. Lalu, kurir bakal kesulitan menghubungi pembeli jika kesulitan mencari alamat. "Terus nanti kejadian kurirnya salah tempel resi, bingung bagaimana menghubungi pembeli," jelas seseorang itu. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]