5 Tips Jitu Memulai Usaha Rumahan dengan Modal Kecil


Kamis,12 Januari 2023 - 11:09:38 WIB
5 Tips Jitu Memulai Usaha Rumahan dengan Modal Kecil sumber foto merdeka.com

Sejak pandemi covid-19 melanda, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan. Terbatasnya pergerakan dan menurunnya ekonomi membuat perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Untuk itu, banyak masyarakat yang memilih untuk memulai usaha sendiri agar tetap bisa memiliki penghasilan. Mulai dari usaha kecil hingga usaha berskala besar.

Dilansir dari laman merdeka.com. Sekitar 12 juta penjual telah bergabung di Tokopedia untuk memulai dan mengembangkan usaha. "Dari jumlah itu, hampir 100% adalah pegiat UMKM dari berbagai latar belakang dan daerah," kata Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, Maisyalina Agustiana. Meski demikian, banyak pula masyarakat yang terganjal modal saat memulai usaha. Untuk itu, Tokopedia membagikan tips bisnis bagi masyarakat yang ingin memulai usaha rumahan dengan modal kecil di tahun 2023.

1. Pastikan ada peminat

Gunakan fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris di Tokopedia dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori. "Pelajari juga tren produk terlaris. Di Tokopedia sendiri, Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen menjadi kategori terlaris di 2022," jelas Maisyalina.

2. Pelajari profil calon pembeli

Setelah menentukan produk yang akan dijual dan memahami mengenai kondisi pasar, tentukan siapa saja konsumen sasaran dari produk tersebut. Dengan menentukan target pasar, calon pelaku usaha dapat lebih mudah menentukan strategi pemasaran. "Fitur Wawasan Pembeli di aplikasi Tokopedia Seller membantu penjual untuk mengetahui profil pembeli, seperti umur, jenis kelamin dan lokasi sehingga memudahkan pelaku usaha dalam menentukan strategi berjualan," tambah Maisyalina.

3. Buat konten menarik di media sosial sebagai ajang promosi

Sinergi pemanfaatan media sosial yang tepat dapat membantu meningkatkan awareness toko dan produk di e-commerce. Misalnya, buat konten media sosial yang unik dan bisa menjadi ciri khas penjual. Perhatikan tren yang sedang banyak digandrungi masyarakat di media sosial.

4. Pertimbangkan bangun tim untuk menunjang bisnis

Kehadiran tim dapat mendorong produktivitas usaha. Bagi UMKM dengan usaha rumahan modal kecil, jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga atau rekan terdekat.

5. Lakukan performance marketing sesuai kebutuhan

Performance marketing, salah satu contoh strategi pemasaran online, di mana penjual dapat mengeluarkan anggaran untuk mencapai suatu tujuan, misalnya menarik lebih banyak calon pembeli.

"Contohnya, pegiat usaha bisa menggunakan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Cukup dengan modal kecil, yaitu mulai dari Rp250 per klik, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan," tutupnya.

(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]