6 Spesies Nyamuk Paling Berbahaya di Dunia dan Tempat Tinggalnya


Selasa,09 Agustus 2016 - 11:41:08 WIB
6 Spesies Nyamuk Paling Berbahaya di Dunia dan Tempat Tinggalnya Nyamuk Anopheles quadrimaculatus. (Foto: Vichai Malikul/Department of Entomology/Smithsonian Institution)

Lebih dari 3.000 spesies nyamuk ada di dunia, namun hanya beberapa di antaranya yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Apa saja? Berikut 6 di antaranya.

1. Aedes aegypti.

Nyamuk penyebar virus demam berdarah, demam kuning hingga zika ini adalah species nyamuk yang paling terkenal. A. aegypti betina sangat doyan menggigit manusia, dan senang berdiam di dalam rumah. Karakteristik nyamuk ini terletak pada bagian perutnya yang runcing di bagian ujung. Nyamuk ini juga memiliki strip putih di bagian punggung  dan kakinya. Nyamuk ini juga dikenal sangat lincah, sehingga sulit untuk dibunuh. Gerakan sedikit saja dapat membuatnya terbang menjauhi kulit. 

2. Aedes albopictus.

Masih keluarga Aedes, nyamuk ini dikenal juga dengan nama nyamuk harimau Asia. Hal ini dikarenakan ukurannya yang lebih besar daripada A. aegypti dan garis belang-belang putih yang lebih bercorak di tubuh dan kakinya. Nyamuk ini juga dikenal sangat teritorial dan sering menggigit di siang hari. Tak hanya menggigit manusia, A. albopictus juga menggigit hewan peliharaan dan hewan liar. Selain demam berdarah dan zika, nyamuk ini juga merupakan salah satu vektor penyebar virus chikungunya, west nile dan encephalitis.

3. Culex pipiens.

Sering mendengar suara desing di telinga ketika ingin tidur? Ini dia pelakunya. Nyamuk Culex merupakan salah satu nyamuk yang biasa hidup di rumah manusia. Ukuran nyamuk ini termasuk besar dan biasa bersarang di air kotor seperti parit dan akar tanaman. Selain menggigit manusia, nyamuk ini juga biasa menggigit mamalia lain dan burung. Culex pipiens merupakan vektor utama penyakit West Nile virus, penyakit mirip flu yang bisa menyebabkan komplikasi saraf permanen dan kematian. 

4. Culex tarsalis.

Jika Culex pipiens merupakan spesies nyamuk rumahan, makan saudaranya, Culex tarsalis, merupakan spesies nyamuk yang biasa hidup di kebun dan daerah persawahan. Spesies nyamuk ini juga senang bersarang di air kotor, terutama saluran irigasi yang ada di sawah. 

5. Anopheles quadrimaculatus.

Nyamuk ini berwarna coklat tua, dengan palpi (corong mulut) yang lebih panjang daripada spesies nyamuk lainnya. Betina spesies ini menggigit manusia dan mamalia di malam hari. Biasanya, spesies ini bertelur di kolam air, sungai, atau danau. Nyamuk Anopheles merupakan vektor penyebar penyakit malaria paling utama di dunia.

6. Anopheles freeborni.

Karakteristik utama spesies nyamuk ini adalah warna hitam di bagian sayap dan perutnya yang terlipat ketika sedang terbang. Ketika menggigit manusia, betina spesies ini tidak akan pergi sebelum perutnya penuh darah. Nyamuk ini ditandai dengan warna kemerahan di perutnya. Nyamuk ini juga merupakan tipe nyamuk petualang yang bisa terbang lebih jauh dari spesies lainnya.(detik.com)

Parl-3180 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]