Tips Aman Naik Ojol di Era New Normal


Selasa,16 Juni 2020 - 08:34:26 WIB
Tips Aman Naik Ojol di Era New Normal sumber foto lifestyle.okezone.com,

Memasuki era new normal, layanan ojek online atau ojol, sudah mulai kembali beroperasi. Namun, tentu saja dengan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Dilansir dari laman lifestyle.okezone.com, pengguna ojol pun tetap harus menerapkan protokol kesehatan, serta mengacu pada Peraturan Kementerian Perhubungan Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Dikutip dari Sindonews.com, Ketua Junior Doctors Network Indonesia Andi Khomaini mengamini hal tersebut. Selain menjalankan protokol kesehatan, kata Andi, para supir ojol juga harus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat pada masa pandemi COVID-19. Hal ini merupakan panduan penting bagi pengemudi dan penumpang agar tidak menularkan ataupun tertularkan.

"Kalau penumpang dan pengemudi ojek masing-masing menerapkan protokol kesehatan, maka tidak akan ada yang tertular dan menularkan," ujar Andi dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Nasional, Graha BNPB, Jakarta, belum lama ini.

Andi mengingatkan, dalam masa adaptasi kebiasaan baru, bagi para penumpang dan pengemudi diharapkan untuk selalu menggunakan masker, cuci tangan, serta menggunakan helm sendiri. Pastikan helm memiliki penutup di bagian wajah.

"Penerapan protokol kesehatan pada ojol dengan memakai masker, sering cuci tangan, dan menggunakan helm milik sendiri yang mempunyai penutup di bagian wajah. Hal ini tentu meminimalisir penularan Covid-19," kata Andi yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Sementara itu, Adilla Lestari, seorang pengemudi ojol, menyatakan bahwa sejak diperbolehkan beroperasi kembali, ia dan rekan-rekannya telah menerapkan protokol kesehatan.

"Pengemudi dibekali hand sanitizer dan masker. Jika ada penumpang yang tidak membawa masker, kami akan memberikan masker untuk penumpang. Selain itu helm yang digunakan yang memiliki penutup di bagian wajah," tandas Adilla. Adilla menambahkan, operator ojol juga memberikan partisi yang dipasang di antara pengemudi dan penumpang agar menghindari penularan COVID-19.

"Kami diberikan partisi yang dipasang di punggung pengemudi sebagai pembatas. Selain itu, motor disemprotkan disinfektan secara rutin dan pembayaran lebih banyak menggunakan uang elektronik daripada tunai," tutur Adilla.

Jadi, jika Anda pengguna layanan ojol, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Saling menjaga untuk mencegah penularan Covid-19. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]