Hari Ini Menteri PUPR Akan Teken Pembangunan Tol Pekanbaru-Rengat-Jambi


Jumat,25 September 2020 - 11:38:33 WIB
Hari Ini Menteri PUPR Akan Teken Pembangunan Tol Pekanbaru-Rengat-Jambi sumber foto riaumandiri.haluan.co

Pada hari ini, Jumat (25/9/2020), selain peresmian tol Pekanbaru-Dumai (Permai) secara virtual oleh Presiden Joko Widodo, juga dilakukan penandatanganan pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru-Rengat dan juga Rengat-Jambi, yang nantinya akan menyambungkan ruas jalan tol Pekanbaru-Lampung dan Palembang.

Dilansir dari laman riaumandiri.haluan.co, penandatangan pembangunan tol tersebut dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), M Basuki Hadimuljono.

“Nanti Bapak akan meresmikan jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 Km, atau sama dengan ruas jalan yang akan disampaikan oleh Bapak Gubernur Riau. Bersamaan itu kami juga akan menandatangani perjanjian kerja antara PU dengan PUJT untuk ruas, jalan Pekanbaru-Rengat, ke arah Selatan menuju Jambi, sepanjang 175 Km. Dan dari Rengat ke Jambi sepanjang 195 Km sedang kami usahakan percepatannya. Ditargetkan tiga tahun, tahun 2023, Insya Allah Lampung, Pekanbaru langsung disambungkan,” kata Menteri.

Sementara, peresmian tol Pekanbaru-Dumai (Permai) akan dilakuan secara virtual oleh Presiden Jokowi dari Istana Presiden, siang ini, Jumat (25/9/2020) usai Salat Jumat. Sedangkan di Riau dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), M Basuki Hadimuljono, bersama Gubernur Riau dan unsur Forum Komunikasi dan Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Menteri PUPR telah menyampaikan kesiapan peresmian tol sepanjang 131 Kilometer ini kepada Presiden Joko Widodo, setelah mengecek langsung pembangunan tol Permai dari gerbang tol Pekanbaru, di Rumbai hingga gerbang tol Dumai di Bagan Besar, Bukit Kapur, Kota Dumai, tempat berlangsungnya peresmian tol Permai.

“Kami saat ini berada di Kilometer 16 jalan tol Pekanbaru-Dumai, yang sebentar lagi akan bapak Presiden resmikan pengoperasiannya," ujar Menteri PUPR. “Saat ini telah siap diresmikan tol Kayu Agung, Palembang, sepanjang 40 Kilometer, menunggu jadwal Bapak Presiden. Bersamaan dengan itu, tanggal 29 September mulai dilakukan ground breaking pembangunan jalan tol Palembang-Betung sepanjang 70 Kilometer. Dan akan ditandatangani pula jalan tol Betung-Jambi sepanjang 190 Km. Dengan demikian ditargerkan tiga tahun ke depan tersambung,” kata Menteri lagi.

Untuk diketahui, tol Pekanbaru – Dumai terdiri dari 6 seksi tol yaitu seksi 1 (Pekanbaru - Minas) sepanjang 9,5 KM , seksi 2 (Minas – Kandis Selatan) sepanjang 24,1 KM, seksi 3 (Kandis Selatan – Kandis Utara) sepanjang 16,9 KM, seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26,5 KM, seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 KM dan seksi 6 (Duri Utara- Dumai) sepanjang 25,05 KM. Tol ini juga akan dilengkapi oleh 7 (tujuh) Gerbang Tol dan 5 (lima) pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area. TIP akan terbagi menjadi 2 (dua) tipe yakni Tipe A yang terletak di KM 14,5, KM 45, dan KM 82, sedangkan Tipe B terletak di KM 64 dan KM 13 (arah Pekanbaru). (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]