Parlindungan Alumni UIR Bantah Video Kekerasan Polri Bukan di UIR


Senin,19 Oktober 2020 - 08:33:53 WIB
Parlindungan Alumni UIR Bantah Video Kekerasan Polri Bukan di UIR Parlindungan SH MH CLA Ketua Harian IKA FH UIR/Pengacara (sumber foto riaubisnis.id)

Terkait dengan beredarnya video sekelompok polisi menangkap peserta aksi unjuk rasa dengan cara kekerasan yang disebut lokasi terjadi di dalam kampus Universitas Islam Riau, Parlindungan SH MH CLA selaku Ketua Harian Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (IKA FH UIR) membantah keras, kalau dalam video yang telah tersebar di media sosial, dipastikan berita bohong. Secara visual, tempat kejadian perkara penangkapan sejumlah orang oleh aparat kepolisian bukanlah di Universitas Islam Riau.

Saat RiauBisnis tanyakan kepada Parlindungan, dirinya sangat hapal betul bentuk kampus saat ini, termasuk bagaimana bentuk infrastrukturnya. "Kejadian dalam video tersebut bukan di kampus UIR," tegas Parlindungan yang juga seorang advokat/pengacara di Riau tersebut. 

Parlindungan menganggap, pemanfaatan media sosial saat ini berkembang dengan luar biasa. Media sosial mengizinkan semua orang untuk dapat bertukar informasi dengan sesama pengguna media tersebut.

"Jadi kita harus hati-hati dan waspada, jangan terlalu percaya sepenuhnya terhadap isu-isu berita yang beredar sebelum mencari tahu kebenarannya di lapangan," ujar Parlindungan alumni Fakultas Hukum UIR angkatan 1999 ini.

Katanya Parlindungan, penggunaan media sosial pada umumnya cenderung konsumtif, kemudian informasi yang benar dan salah menjadi bercampur aduk. Keberadaan internet sebagai media online membuat informasi yang belum terverifikasi benar dan tidaknya tersebar cepat.

"Sekali lagi, kita harus waspada. Sebab, dalam hitungan detik, sebuah peristiwa sudah bisa langsung tersebar dan diakses oleh pengguna media sosial. Yang cukup disayangkan, saat ini banyak pengguna media sosial untuk menyebarkan kebencian, provokasi dan hoax" jelas Parlindungan. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]