Progres Pembangunan Perkantoran Pemko Pekanbaru Capai 50%


Senin,22 Februari 2016 - 11:36:51 WIB
Progres Pembangunan Perkantoran Pemko Pekanbaru Capai 50% Progres pembangunan perkantoran Walikota Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya. (foto: Parlindungan)

Etape I Pembangunan perkantoran baru Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru kini sudah mencapai tiga lantai dari total tujuh lantai.

Secara keseluruhan realisasi pembangunan fisik gedung hampir mencapai 50 persen dari target pagu keseluruhan. “Pembangunan kompleks perkantoran di lahan 200 hektare ini kini terus digesa pengerjaannya di sisa Tahun Anggaran 2015,” demikian ungkap Kepala Dinas Cipta Karya dan Pemukiman kota Pekanbaru, Zulkifli Harun.

Lebih jauh ia menjelaskan, hingga akhir tahun 2015, target pembangunan akan tercapai 50 persen, sesuai target pada etape I. Etape I ini, Pemko Pekanbaru membangun lima gedung, dana anggarannya sudah dimasukkan pada APBD 2015 ini.

“Terdiri dari empat gedung satuan kerja (satker) dan satu gedung sekretariat. Untuk etape I tahun 2015 ini ditaregtkan selesai 50 persen. Per harinya secara rinci pencapaian masih ada 37 persen, ada yang 32 persen, dan ada 33 persen,” paparnya.

Masih menurut Zulkifli, untuk gedung utama (sekretariat) akan dibangun tujuh lantai. “Rata-rata sudah lantai tiga. Untuk gedung utama dan satkernya dari target gedung utama tujuh lantai dan empat lantai untuk satker,” terangnya seperti dilansir sejumlah sumber.

Ia juga menambahkan, etape II pembangunan akan dilanjutkan Tahun 2016 mendatang, dengan sisa anggaran hampir sama besarnya dengan tahun 2015. Sehingga, ia mengharapkan sesuai target secara fisik semua gedung itu akan selesai.

Pihaknya juga sudah memasukkan pagu anggaran di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016. “Secara utuh 2016 selesai di luar perabot, dengan anggaran lebih kurang sama dengan tahun ini, yaitu lebih kurang Rp300 miliar,” jelasnya.

Tahun 2015 lalu, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus langsung meresmikan megaproyek senilai Rp1,4 triliun ini di atas lahan 111 hektare. Perkantoran itu berdekatan dan terhubung langsung dengan Komplek Pembangkit Listrik Tenaga Gas Tenayan Raya, kawasan metropolitan Pekansikawan dan pintu masuk Jalan Tol Pekanbaru-Dumai. Kompleks perkantoran itu ditargetkan rampung pada tahun depan.

Untuk membangun kantor sembilan lantai tersebut, Pemko Pekanbaru melakukannya dengan penganggaran tahun jamak yang pada 2014 sudah dianggarkan Rp250 miliar.  Dalam rencana kegiatan tahun jamak itu, untuk tiga tahun ke depan, anggaran Pemkot hanya akan membangun gedung sekretariat, lima gedung dinas serta masjid.

Jika diperinci, bangunan tersebut terdiri dari gedung sekretariat sebesar Rp220,5 miliar dengan pengawasan Rp3,528 miliar, dua gedung dinas Rp180 miliar, pengawasan Rp2,88 miliar, tiga gedung dinas Rp270 miliar, pengawasan Rp4,3 miliar dan masjid Rp85 miliar serta ditambah manajemen kontruksi sebesar Rp3,2 miliar.

Selanjutnya, Pekanbaru akan membangun outer rongroad (jalan lingkar luar) di Tenayan Raya. Semua pembangunan megaproyek tersebut, seperti pembangunan PLTG, Komplek Metropolitan Pekansikawan dan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai rencananya mulai dibangun tahun ini.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]