7 Tips Kecantikan untuk Wanita di Atas Usia 50 Tahun


Rabu,12 Januari 2022 - 17:16:00 WIB
7 Tips Kecantikan untuk Wanita di Atas Usia 50 Tahun sumber foto kompas.com

Banyak perempuan yang sudah berusia usia 50 tahun ke atas merasa tidak percaya diri karena penampilan wajah dan tubuhnya sudah berubah. Mereka menilai kulit yang kusam, tidak kencang, dan berkerut sulit diatasi karena faktor usia. Padahal, usia sebenarnya bukanlah halangan untuk tetap tampil cantik, awet muda, menawan, dan segar.

Dilansir dari laman kompas.com. Selain rajin berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat, ada sejumlah tips kecantikan yang bisa menjadi solusi bagi mereka agar terlihat awet muda, walau usia sudah tak muda lagi. Nah, berikut ini adalah tujuh tips yang bisa dicoba, demi tetap cantik di usia tua. 1. Gunakan concealer Concealer adalah 'pahlawan' bagi perempuan untuk menyamarkan noda hitam atau bekas luka di wajah.

Tapi, bagi mereka yang usianya sudah di atas 50 taun, menemukan concealer yang tepat mungkin sulit dilakukan. Agar kulit tetap terlihat cerah dan tidak semakin kering, sebaiknya hindari concealer matte dan bubuk. Saran ini diberikan oleh penata rias yang berbasis di Nashville dan Los Angeles, AS, Tarryn Feldman. Ia menyarankan, penggunaan krim concealer dengan bahan pelembap lebih baik untuk membantu mencapai hasil akhir yang lebih alami.

2. Pilih foundation yang tepat Selain concealer, memilih jenis foundation atau alas bedak yang tepat untuk kulit dewasa juga menjadi kunci untuk hasil akhir yang alami. Seorang penata rias bernama Sharandy menyarankan agar perempuan berusia di atas 50 tahun untuk memakai foundation yang melembapkan dan ringan. Menurutnya, foundation yang demikian bisa membuat kulit tidak kering dan tetap bercahaya.

3. Hindari asam salisilat Asam salisilat disebut-sebut sebagai bahan perawatan kulit yang direkomendasikan untuk memerangi jerawat. Tapi, asam salisilat tidak direkomendasikan untuk kulit dewasa apalagi bagi mereka yang usianya di atas 50 tahun. Alasannya, asam salisilat yang sering dijadikan obat luar membuat kulit menjadi sangat kering.

Penggunaan asam salisilat akan direkomendasikan bagi orang-orang yang kulitnya berminyak. Paul Jarrod Frank, MD, dokter kulit kosmetik dan pendiri PFRANKMD menyarankan untuk kulit dewasa yang normal dan kering agar menggunakan tabir surya, hydrating, dan serum antioksidan.

4. Tambahkan vitamin K ke skincare Vitamin K bisa menjadi solusi bagi orang-orang yag berusia 50 tahun ke atas untuk meminimalkan lingkaran hitam dan kulit kendur di bawah mata. Selain itu, vitamin K cocok digunakan untuk perawatan kulit karena membantu menjaga kelembapan.

5. Bahan skincare tepat setiap hari Selain vitamin K, dokter kulit juga merekomendasikan bahan lain yang wajib ada di dalam skincare. Bahan-bahan itu adalah, seng oksida atau titanium dioksida yang keduanya berfungsi sebagai tabir surya untuk mencegah bintik matahari dan kerutan. Lalu, retinol yang membantu merangsang pergantian sel dan meningkatkan produksi kolagen.

Kemudian asam hialuronat untuk menjaga kelembapan, dan vitamin C untuk mensintesis kolagen. 6. Pilih produk skincare yang lembut Kulit orang dewasa memang lebih tipis karena produksi kolagen dan elastin sudah menurun. Oleh sebab itu, dokter kulit merekomendasikan untuk menghindari skincare yang memiliki fitur scrubbing agresif atau tarikan kasar pada kulit.

7. Rutinitas skincare yang minimalis Banyak orang berpikir lebih banyak produk skincare membuat kulit dewasa terlihat sehat dan merasa baik. Padahal yang terjadi adalah sebaliknya. Hal ini dijelaskan oleh dokter kulit bersertifikat dan pendiri Mudgil Dermatology, Adarsh Vijay Mudgil.

"Seiring bertambahnya usia, kulit kita tidak melembabkan dirinya sendiri juga, dan akibatnya, penghalang pelindung alaminya terganggu," kata dia. "Karena alasan itulah kulit kita bisa menjadi lebih sensitif saat kita mengumpulkan kebijaksanaan," lanjut dia. Sebagai gantinya, ia merekomendasikan untuk menjaga rejimen perawatan kulit seminimal mungkin untuk menghindari iritasi. "Tabir surya yang baik, retinoid ringan, atau retinol di malam hari, dan pelembap padat dengan asam hialuronat atau ceramide benar-benar semua yang dibutuhkan siapa pun," cetus Mudgil. (RF)


 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]