Bisa Terjadi Kapan Saja, Ini Tips Agar Mobil Tidak Mudah Terbakar


Senin,04 Juli 2022 - 14:45:22 WIB
Bisa Terjadi Kapan Saja, Ini Tips Agar Mobil Tidak Mudah Terbakar sumber foto liputan6.com

Kasus mobil terbakar, masih kerap terjadi. Tidak hanya dialami oleh kendaraan lawas, mobil produksi yang relatif baru juga cukup banyak yang mengalami kasus tersebut. Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra International – Peugeot, ada beberapa faktor penyebab mobil terbakar yang sebenarnya sudah bisa dikenali oleh pengemudi sejak awal.

Dilansir dari laman liputan6.com. "Dengan mengenali penyebabnya akan memudahkan tindakan pencegahan kebakaran lebih dini. Sehingga penumpang aman dan selamat saat mobil terus dikendarai," terang Roni Agung, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com. Jumat (1/7/2022). Sementara itu, untuk kendaraan lama penyebab pertama mobil terbakar, pastikan tidak ada kebocoran aliran bahan bakar. Kemudian penyebab kedua, jenis material yang mudah terbakar.

Kebocoran membuat kedua material ini sangat mudah mengenai bagian mesin yang panas. Penyebab inilah yang akan memicu terjadinya kebakaran pada mobil. "Kebocoran aliran bensin bisa diatasi dengan memperbaiki kualitas selang (hose) bensin dan pengikatnya (klem). Jika selang bensin dan klemnya tidak bisa diperbaiki maka disarankan datang ke bengkel resmi untuk dilakukan penggantian," tegas Roni Agung.

Penyebab mobil terbakar

Penyebab lain mobil mudah terbakar karena terdapat masalah pada sistem kelistrikan seperti korsleting. Sumbernya bukan hanya tikus yang merusak kabel penghantar listrik, tapi bisa juga dari masalah soket sambungan yang kendur juga bisa jadi sumber kebakaran. Untuk itu pastikan sekring-sekring dalam kondisi yang baik. Perlu diperhatikan, terutama penggemar modifikasi mobil. Perubahan yang terjadi juga bisa menjadi penyebab mobil terbakar.

Seperti contoh bohlam headlamp atau foglamp diganti dengan Watt lebih besar. Penggantian yang tidak sesuai standar bisa menimbulkan kekurangan suplai daya hingga timbulkan kebakaran. Terakhir, pastikan tiap kendaraan baik produk lama atau baru tersedia tabung APAR di dalam kabin. Kemudian selalu lakukan perawatan rutin di bengkel resmi Peugeot, agar semua penyebab mobil terbakar dicek oleh teknisi yang profesional dengan alat lengkap. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]