Pilihan Jokowi! SKK Migas Dipimpin Dua Mantan Bos Pertamina


Senin,05 Desember 2022 - 13:40:11 WIB
Pilihan Jokowi! SKK Migas Dipimpin Dua Mantan Bos Pertamina sumber foto cnbcindonesia.com

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 51/M Tahun 2022 Mengangkat Dwi Soetjipto sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Penunjukan Dwi Soetjipto artinya sekaligus memperpanjang masa jabatannya sebagai Kepala SKK Migas Periode 2022 - 2026. Sebelumnya Dwi Soetjipto menjabat sebagai Kepala SKK Migas sejak Periode 2018 - 2022 ini.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com. Seperti diketahui, Dwi Soetjipto merupakan mantan Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) pada tahun 2014. Tak hanya Dwi Soetjipto, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 281.S/KP.05/MEM.S/2022) juga mengangkat Wakil Kepala SKK Migas yakni Nanang Abdung Manaf. Nanang Abdul Manaf menggantikan Fatar Yani pada posisi Wakil Kepala SKK Migas sebelumnya. Seperti diketahui Nanang Abdul Manaf merupakan mantan Direktur Utama PT Pertamina EP pada tahun 2017 - 2020.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif dalam pelantikan pejabat SKK Migas yang baru ini menyebutkan, bahwa ada perampingan organisasi di SKK Migas setelah adanya pelantikan baru ini. Dari yang semula 5 deputi menjadi 4 deputi dan dari 23 divisi menjadi 21 divisi. "Perampingan organisasi ini sejalan dengan penataan yamg dilakukan pemerintah," ungkap Menteri ESDM Arifin Tasrif saat pelantikan pejabat SKK Migas di Kantor Kementerian ESDM, Senin (5/11/2022). Sejatinya, perampingan organisasi SKK Migas ini sudah berlaku sejak Februari 2022 sejak dikeluarkannya Peraturan Menteri ESDM Nomor 2 tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja SKK Migas.

Menteri Arifin berharap perampingan organisasi diharapkan dapat dinamis dan cepat dalam mengambil keputusan. Tak hanya itu perampingan organisasi ini juga bisa mengoptimalkan proses bisnis dan sumber daya yang ada. "Ini merupakan momentum yang tepat bagi SKK Migas untuk terus bertransformasi dan melakukan perbaikan di tatakelola dalam organisasi yang baru guna mewujudkan tata kelola hulu migas yang baik," tandas Menteri ESDM Arifin Tasrif

Kepala SKK Migas: Dwi Soetjipto

Wakil Kepala SKK Migas: Nanang Abdul Manaf

Sekretaris: Sinta Damayanti

Pengawas Internal: Irjen Purn, Eko Indra Heri

Deputi Eksploitasi dan Menajemen Wilayah: Benny Lubiantara

Deputi Eksploitasi: Wahyu Wibowo

Deputi Keuangan dan Komersialisasi: Kurnia Chairi

Deputi Dukungan Bisnis: Rudi Satwiko


(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]